Sukses

Usai Dampingi Jokowi Salat Id, Plh Gubernur Jabar Temui Warga di Gedung Pakuan

Liputan6.com, Bandung - Pelaksana Harian (Plh) Gubernur Jawa Barat Iwa Karniwa turut mendampingi Presiden Joko Widodo melaksanakan salat Id di Kebun Raya Bogor, Jawa Barat. Seusai kegiatan itu, Iwa kembali ke Gedung Pakuan di Bandung menggelar open house.

"Alhamdulillah, tadi bisa mendampingi bapak presiden salat Id di Kebun Raya. Kemudian dalam situasi sangat baik sehingga secara keseluruhan bapak presiden bisa menyaksikan sendiri bertemu langsung masyarakat Jawa Barat," ujar Iwa, Jumat (15/6/2018).

Iwa menuturkan, Jokowi berpesan di hari Idul Fitri 1439 Hijriah ini untuk meningkatkan silaturahim.

"Beliau lebih kepada menyampaikan silaturahim kepada masyarakat Jawa Barat. Sekaligus juga sebagai sesama manusia biasa yang tak luput dari kekurangan, saya pun menyampaikan permohonan maaf kepada beliau dan menyampaikan selamat Idul Fitri," kata dia.

Menurut Iwa, kegiatan di Bogor pagi tadi sebatas silaturahim. Tidak ada agenda lain selain salat bersama.

"Konteksnya silaturahim saja. Setelah itu saya pamit karena beliau juga mau melanjutkan ke Solo," ungkapnya.

Iwa sendiri akan menjabat hingga penjabat Gubernur Jabar definitif dilantik oleh Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo. Guna menghindari kekosongan, Iwa Karniwa yang menjabat Sekretaris Daerah menjalankan tugas harian Gubernur Jabar.

Iwa memastikan nama definitif menjadi kewenangan dari Presiden Joko Widodo. Meski demikian, pihaknya memastikan sudah mempersiapkan segala keperluan pelantikan manakala nama Pj Gubernur Jabar sudah ditetapkan.

"Saat ini masih menunggu proses berikutnya dari pak Mendagri. Yang jelas siapapun yang jadi (Pj gubernur) dari kami sudah persiapkan pelantikan," ujar Iwa.

Iwa juga mengatakan, sambil bersilaturahmi, ia turut menjalankan tugasnya sebagai Plh.

"Sambil silaturahim diselipkan bagaimana menjalankan tugas dan pokok. Seperti tadi dengan Kepala BBPOM Jabar, kita sudah bicara soal menjaga pangan di Jabar. Sekaligus persiapan Asian Games terutama tempat-tempat yang jadi venue di Jabar," ujar Iwa.

Usai salat bersama Jokowi, Iwa dengan keluarga menggelar open house di Gedung Pakuan. Ia mengaku kehadiran masyarakat di luar dugaannya.

"Kita membuka open house makanannya sederhana tapi seluruh komponen masyarakat hadir di sini. Jadi, kita berbaur merayakan kemenangan, mudah-mudahan kita kembali fitrah sebagaimana bayi baru lahir," ujar Iwa.

Simak video pilihan berikut ini: