Sukses

Tol Bocimi Masih Fungsional, Belum Nyaman

Tol Bocimi sudah difungsikan namun belum bersifat operasional, yang berarti kenyamanannya berbeda.

Liputan6.com, Bandung - Mudik lebaran 2018, jalan tol Bocimi (Bogor-Ciawi-Sukabumi) sudah bisa dilewati. Meski masih bersifat fungsional untuk mengantisipasi kemacetan.

Kepala Dinas Perhubungan Jawa Barat Dedi Taufik menegaskan bahwa jalan tol itu belum sempurna, terutama dari sisi kenyamanan. Itulah sebabnya para pengguna jalan diharapkan tetap berhati-hati.

"Bocimi memang difungsikan fungsional. Namanya fungsional,  belum utuh seperti tol operasional," kata Dedi Taufik di Bandung, Sabtu, 9 Juni 2018.

Dishub dan Polda Jabar juga sudah mengevaluasi kekurangan tol yang difungsikan untuk mudik Lebaran ini. Salah satunya soal minimnya rambu lalu lintas.

"Kami sudah berkoordinasi dengan Balai Pengelola Transportasi Darat (BPTD) untuk minta dipasang rambu-rambu lalu lintas yang harus dipenuhi," kata Dedi.

Tol fungsional Bocimi dibuka untuk melayani kegiatan mudik Lebaran 2018 ini. Panjang ruas tol yang difungsikan sepanjang 15,3 kilometer untuk mudik sejak Jumat, 8 Juni 2018. Hasil ekspos Kapolres Bogor menunjukkan ada beberapa hal yang perlu diperhatikan.

"Misalnya keluar pasar Caringin, ada perlintasan kereta api tidak berpalang pintu. Dan kami sudah minta PT KAI menjaga sebagai antisipasi jika terjadi kepadatan," kata Dedi.

Tol fungsional Bocimi rencananya dibuka gratis mulai H-7 hingga H+7 lebaran. Hal itu diyakini sangat membantu dalam pelaksanaan arus mudik 2018.

 

Simak video pilihan berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.