Sukses

Tol Bocimi Ramai Dilintasi Pemudik

Ruas Ciawi-Cigombong sepanjang 15,35 kilometer ini disiapkan untuk jalur mudik dan arus balik Lebaran.

Liputan6.com, Bogor - Jalan Tol Bogor-Ciawi-Sukabumi (Bocimi) mulai dibuka secara fungsional pada pukul 14.00 WIB, Jumat (8/6/2018).

Ruas Ciawi-Cigombong sepanjang 15,35 kilometer ini disiapkan untuk jalur mudik dan arus balik Lebaran.

Semenjak tol fungsional Bocimi dibuka, terpantau sejak Jumat siang hingga malam ramai dilintasi kendaraan roda empat.

Namun begitu, pengendara harus lebih waspada dan hati-hati mengingat di sepanjang tol tersebut belum terpasang lampu Penerangan Jalan Umum (PJU) dan belum semua terpasang rambu-rambu lalu lintas.

"Saya tadi lihat videonya memang rambu masih kurang dan ada perlintasan kereta api sebidang di jalur alternatif tanpa palang pintu. Ini membahayakan," kata Kapolda Jabar Irjen Pol Budi Agung Maryoto ditemui di Pos Gadog.

Namun begitu, Kepolisian Resor Bogor sudah berkoordinasi dengan PT KAI agar menempatkan petugas jaga di pintu perlintasan tersebut.

"Memang kereta lewat hanya di waktu tertentu saja, tapi tetap harus dijaga," kata dia.

Secara umum, lanjut Budi, tol fungsional Bocimi terbilang baik dan bisa memecah kemacetan yang kerap terjadi di Jalan Raya Bogor Sukabumi, terlebih selama mudik Lebaran ini.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Dibuka Hingga 24 Juni

Kapolres Bogor AKBP Andi M. Dicky mengatakan, tol fungsional dibuka hingga 24 Juni terhitung mulai Jumat ini.

"Itu pun dibagi dua. Arus mudik sampai 19 Juni dari arah Jakarta menuju Sukabumi. Tanggal 19 Juni pukul 00.00 WIB hingga tanggal 24 Juni menjadi arus balik atau dari Sukabumi menuju Jakarta," kata dia.

Menurutnya, dengan kecepatan 40 km per jam, jarak Ciawi hingga Cigombong bisa ditempuh dengan waktu kurang lebih 15 menit. Dengan begitu bisa memangkas waktu cukup banyak apabila dibanding menggunakan jalur biasa.

"Kendalanya memang rambu-rambu belum lengkap. Karenanya kami imbau agar pengendara lebih hati-hati terutama saat melintas malam hari," kata dia.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.