Sukses

Tanamkan Nilai Pancasila kepada Generasi Milenial ala Yogyakarta

Yogyakarta punya cara sendiri menanamkan nilai Pancasila kepada generasi muda. Cek caranya dan ikuti lombanya.

Liputan6.com, Yogyakarta Pencanangan Bulan Pancasila di Yogyakarta memiliki tujuan khusus, yakni menanamkan nilai-nilai Pancasila kepada generasi milenial. Beragam kegiatan dan lomba yang berkaitan dengan Pancasila selama Juni sampai Agustus 2018.

Kegiatan dan lomba bertajuk 'Kita Pancasila' ini diprakarasai oleh Pengurus Pusat Keluarga Alumni Gadjah Mada (PP Kagama), Ikatan Keluarga Alumni Universitas Islam Indonesia (IKA UII), dan Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Daerah Istimewa Yogyakarta (Kwarda DIY), serta PT Astra International, Tbk sebagai sponsor tunggal.

"Perkembangan zaman yang luar biasa, internalisasi Pancasila harus disesuaikan dengan zamannya, zaman milenial," ujar Panut Mulyono, Rektor UGM, dalam jumpa pers Pencanangan Bulan Pancasila di Kompleks Kepatihan Kantor Gubernur DIY, Rabu (6/6/2016).

Menurut Panut, cara menanamkan nilai Pancasila untuk generasi masa kini tidak perlu banyak teori akan tetapi langsung menyadari kegiatan atau aktivitas yang bersentuhan langsung dengan Pancasila.

Kongres Pancasila ke-10 juga akan dilakukan beberapa bulan lagi, Panut ingin Pancasila bisa menjadi ideologi yang menginspirasi untuk memperbaiki kondisi dunia.

Rektor UII, Edy Suandi Hamid, menilai kegiatan semacam ini perlu dilakukan karena melihat ancaman berupa upaya memasukkan paham lain sebagai ideologi negara.

"Kegiatan ini untuk menangkal dan supaya Pancasila membumi dan terimplementasikan ke dalam berbagai bidang," ucapnya.

Ia menegaskan kegiatan yang berkaitan dengan [Pancasila]( 3547932 "") bukan hanya milik para elit, melainkan juga seluruh lapisan masyarakat.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Daftar Kegiatan dan Lomba

Rangkaian kegiatan Bulan Pancasila diawali dengan Upacara Hari Lahir Pancasila pada 1 Juni lalu. Aktivitas lainnya, meliputi, bersih-bersih Masjid Pathok Negoro pada Juli mendatang, sarasehan di kabupaten dan kota se-DIY mulai Juli sampai Agustus 2018, dhahar kembul bersama Sultan HB X pada 7 Agustus mendatang, pemilihan figur inspiratif Kita Pancasila, dan Malam Puncak Anugerah Kita Pancasila.

Selain sarasehan dan lokakarya tentang Pancasila, sejumlah kompetisi inspiratif berhadiah total uang tunai ratusan juta rupiah bisa diikuti masyarakat umum, dari berbagai kalangan, mulai dari balita, pelajar, sampai pekerja.

Pertama, lomba paduan suara pelajar lagu nasional yang terdiri dari tiga kategori, yakni SD, SMP, dan SMA. Kegiatan ini berlangsung pada 9-11 Juli 2018 dan pendaftaran dimulai Juni sampai 8 Juli 2018.

Kedua, lomba poster Kita Pancasila yang berlangsung mulai 25 Juni sampai 4 Agustus. Pemenang akan diumumkan pada 17 Agustus 2018.

Ketiga, lomba mural Kita Pancasila diadakan pada 25 Juni sampai 17 Juli 2018. Penilaian dilakukan pada 21 Juli 2018.

Keempat, lomba siskamling kreatif yang bisa diikuti masyarakat umum. Pendaftaran dibuka mulai Juni sampai 20 Juli 2018.

Kelima, lomba vlog Kita Pancasila. Pengumpulan karya dimulai 1 Juli sampai 10 Agustus 2018.

Keenam, lomba cover lagu Garuda Pancasila. Pengumpulan karya mulai 1 Juli sampai 10 Agustus 2018.

Ketujuh, lomba mewarnai dan menggambar Aku Cinta Pancasila yang bisa diikuti anak mulai usia 4 sampai 10 tahun. Kegiatan ini berlangsung pada 21 Juli 2018.

Kedelapan, lomba iklan layanan masyarakat. Pengumpulan karya mulai 25 Juni sampai 10 Agustus 2018.

Kesembilan, lomba feature tentang Pancasila yang ditujukan bagi wartawan. Pengumpulan karya mulai Juni sampai 10 Agustus 2018.

Keterangan lebih lanjut perihal lomba bisa melihat media sosial Instagram @kitapancasila_ atau di situs www.kitapancasila.com.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.