Sukses

Lava Bantal Masuk Nominasi Wisata Terpopuler Pesona Indonesia

Lava Bantal terpilih menjadi nominasi dalam Anugerah Pesona Indonesia untuk kategori Tujuan Wisata Baru Terpopuler mewakili Daerah Istimewa Yogyakarta.

Sleman - Popularitas destinasi wisata dapat didongkrak melalui beberapa cara. Salah satunya adalah melalui media sosial. Cara yang biasa digunakan antara lain melalui foto-foto indah di akun Instagram, review singkat melalui Twitter ataupun blogging, atau video keindahan dan keseruan di destinasi melalui vlog.

Cara lain yang mulai berkembang dalam beberapa tahun terakhir ini adalah melalui polling via SMS ataupun website. Tahun 2017 yang lalu, Tebing Breksi menjadi tujuan wisata baru terpopuler versi Anugerah Pesona Indonesia, mengalahkan sembilan destinasi lain seperti Pulau Kumala (Kutai Kertanegara), Skywalk (Bandung), Danau Ugo (Batanghari), dan kawasan Pura Batu Kursi (Buleleng). Keberhasilan ini tidak lepas dari dukungan penuh masyarakat dalam mempopulerkan destinasi tersebut.

Hasil polling menunjukkan Tebing Breksi didukung 32,5 persen dari 213.820 voter yang tersebar di seluruh Indonesia.

"Tahun 2018, giliran Lava Bantal terpilih menjadi nominasi dalam Anugerah Pesona Indonesia untuk kategori Tujuan Wisata Baru Terpopuler mewakili Daerah Istimewa Yogyakarta," ucap Kepala Dinas Pariwisata Sleman Sudarningsih dalam keterangan tertulis, Rabu, 30 Mei 2018.

Selain Lava Bantal, menurut Sudarningsih, terdapat beberapa nama destinasi wisata yang masuk dalam kategori ini. Misalnya, Bukit Jamur (Gresik), Gampong Nusa (Aceh Besar), dan Geopark Ciletuh (Sukabumi). Selain itu, terdapat nama Kampung Terih (Batam), Pulau Baer (Tual), Pulau Cinta (Boalemo), Pulau Labengki (Konawe Utara), Teluk Jering (Kampar), dan Umbul Ponggok (Klaten).

​Kesepuluh destinasi tersebut akan dinilai oleh masyarakat melalui pemungutan suara (voting) yang akan dilaksanakan mulai 1 Juni 2018 sampai dengan 31 Oktober 2018 mendatang. Pemungutan suara ini dapat dilakukan melalui SMS ke nomor 99386 dengan keyword API (spasi) 17E, atau mengunggah aplikasi API di Google Playstore atau App Store.

"Seperti halnya dengan pelaksanaan Anugerah Pesona Indonesia pada tahun sebelumnya, pemenang akan diumumkan pada malam penghargaan Anugerah Pesona Indonesia 2018 yang akan digelar pada November 2018," ungkapnya.

Dia menambahkan, Dinas Pariwisata Sleman melakukan upaya agar Lava Bantal menjadi pemenang dalam ajang Anugerah Pesona Indonesia 2018. Di antaranya adalah promosi secara masif dan terarah pada destinasi, sehingga lebih dikenal khalayak, dan sosialisasi melalui event/kegiatan yang dilaksanakan selama periode voting.

"Mari kita sukseskan Lava Bantal menjadi tujuan wisata baru terpopuler dengan mengirimkan SMS sebanyak-banyaknya ke 99386 dengan keyword API (spasi) 17E, mulai 1 Juni 2018 mendatang," tandasnya.

Baca berita menarik dari KRJogja.com lain di sini.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.