Sukses

Pesawat Kepresidenan Bakal Mendarat Perdana di Bandara Kertajati

Liputan6.com, Majalengka - Kesiapan Bandara Internasional Jawa Barat Kertajati Kabupaten Majalengka beroperasi semakin matang. Pihak pengelola telah menggelar simulasi pelayanan penumpang di Bandara.

Kepala Seksi Humas PT BIJB Kertajati Majalengka Aradea Adrisudarma mengatakan, simulasi berjalan lancar. Pengelola BIJB mengajak para mahasiswa di Majalengka untuk merasakan pelayanan dan suasana di dalam bandara.

"Ada 200 mahasiswa kemarin yang ikut simulasi berjalan lancar dan mereka semua memberikan feedback untuk jadi masukkan ke kami," kata dia, Selasa (22/5/2018).

Dalam simulasi tersebut para mahasiswa menilai papan petunjuk di dalam bandara masih sedikit membingungkan. Dia mengaku, para mahasiswa masih bingung penempatan papan petunjuk di dalam Bandara Kertajati.

Dia mengatakan, simulasi tersebut bagian dari kesiapan bandara untuk beroperasi dan historical landing pada 24 Mei 2018. Dalam persiapan tersebut, dijadwalkan Presiden Jokowi akan mendarat menggunakan pesawat kepresidenan di Bandara Majalengka.

"Pendaratan pertama pesawat RI 1 di Kertajati setelah itu keliling bandara dan kembali ke Jakarta," sebut dia.

Dia menyebutkan, pesawat kepresidenan dijadwalkan mendarat di Bandara Kertajati Majalengka pada pukul 10.00 WIB. Setelah itu, diberikan tanda hormat atau Salute dengan mobil PKP PK sebelum keliling bandara.

Dia mengatakan, sejumlah maskapai penerbangan pun dinyatakan siap beroperasi di Bandara Kertajati Majalengka. Dia menyebutkan, untuk awal sejumlah maskapai yang akan beroperasi dari Garuda Indonesia Grup, Lion Air Grup dan Sriwijaya.

 

2 dari 2 halaman

Belum Komersil

Namun demikian, rencana historical landing tidak otomatis membuka secara resmi operasional bandara. Historical landing bagian dari kesiapan penuh bandara untuk beroperasi.

Dia memastikan BIJB Kertajati Majalengka dipastikan resmi beroperasi pada 5 Juni 2018 mendatang. Pengoperasian bandara tersebut sekaligus membuka mudik perdana melalui BIJB Kertajati Majalengka.

"Penerbangan komersial belum ya menurut Menteri Perhubungan baru tanggal 5 Juni nanti dibuka untuk mudik lima kota," sebut dia.

Dia menyebutkan, lima kota tujuan yang akan dilayani BIJB Kertajati Majalengka tersebut yakni Medan, Surabaya, Balikpapan, Makassar dan Bali.

Sedangkan untuk keberangkatan haji, kloter pertama akan terbang pada 15 Juli melalui Bandara Kertajati. Minimal tujuh penerbangan haji akan mengangkut dari dua daerah di Jawa Barat.

"Minimal mencakup dua kabupaen di Jawa Barat yakni Majalengka dan Sumedang," sebut dia. Pesawat Airbus 330 dipersiapkan untuk melayani para calon jamaah haji asal Jawa Barat ini.

Saksikan video pilihan berikut ini:

Loading
Artikel Selanjutnya
Replika Jokowi Bersepeda Meriahkan Perayaan HUT RI di Jerman
Artikel Selanjutnya
Jalan-Jalan Bareng Jan Ethes, Presiden Jokowi Pakai Kaos Wonderful Indonesia