Sukses

Anak Yatim Bisa Bersekolah Gratis di Cirebon, Caranya?

Fasilitas yang digratiskan sekolah bagi pelajar di Cirebon itu adalah biaya sekolah dan biaya makan.

Liputan6.com, Cirebon - Sekolah Menengah Kejuaran (SMK) Caruban Nagari di Kabupaten Cirebon, Jawa Barat, menggratiskan biaya sekolah bagi pelajar yatim piatu dan tidak mampu dengan cara melampirkan Surat Keterangan Tidak Mampu.

"Kita jemput bola ke rumah-rumah orang yang tidak mampu, yatim piatu dan mendatangi sekolah-sekolah untuk menarik siswa yang ingin sekolah gratis," kata Ketua panitia penerimaan santri baru Yayasan Ki Gedeng Tapa Jumajan Jati, Wastiman di Cirebon, Selasa, 8 Mei 2018, dilansir Antara.

Dia menjelaskan, syarat untuk bisa mendapatkan pendidikan di SMK Caruban Nagari hanya dengan melampirkan Surat Keterangan Tidak Mampu (SKTM). Saat ini, jumlah pelajar dari kelas X hingga kelas XII mencapai 102 siswa.

Wastiman mengaku jumlah siswa yang menempuh pendidikan gratis di tempatnya sempat menurun. Jika dulu yang bersekolah berasal dari berbagai daerah yang ada di Wilayah III Cirebon, sekarang tidak.

"Meskipun menurun, kita tetap semangat untuk membantu para siswa, terutama yang tidak mampu," ujarnya.

SMK Caruban Nagari, kata Wastiman, hanya memiliki satu program kejuruan, yakni jurusan teknik kendaraan ringan (TKR). Meski demikian, pihak sekolah memberikan pengajaran agama.

Siswa yang bersekolah di SMK Caruban Nagari, dikatakan Wastiman, mendapatkan pendidikan di pondok pesantren. Sejak pertama kali berdiri 2007 lalu, sekolah tersebut sudah menggratiskan biaya bagi anak yatim piatu dan tak mampu.

"Semuanya gratis, mulai dari makan, biaya sekolah dan semuanya ditanggung yayasan, anggaran itu urusannya yayasan. Tentunya ada donatur," katanya.

SMK Caruban Nagari Cirebon berada dalam naungan Yayasan Ki Gedeng Tapa Jumajan Jati. Sekolah itu berlokasi di Desa Cisaat, Kecamatan Dukupuntang, Kabupaten Cirebon, Jawa Barat.

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.