Sukses

Warna Langit Sunset di Pantai Bengkulu Seperti Suasana Hati

Liputan6.com, Bengkulu - Memasuki masa libur panjang akhir tahun 2017, banyak masyarakat berlibur ke daerah, salah satunya Bengkulu. Jika Anda datang ke wilayah yang dikenal dengan nama Bumi Rafflesia ini, Anda wajib berburu matahari tenggelam atau sunset.

Sebagai wilayah yang memiliki letak geografis di tepi Samudera Hindia, Bengkulu juga diuntungkan dengan posisi yang menghadap ke barat di sepanjang pantai. Tentu saja, jika Anda menyukai suasana matahari tenggelam, di sini tempatnya.

Alifia Lubhidesky, siswi salah satu SMA di Kota Jambi mengaku terpuaskan dengan suasana Pantai Panjang yang terletak di dalam Kota Bengkulu yang indah. Terutama, saat menikmati senja menunggu matahari tenggelam.

"Ada cahaya kuning keemasan ketika matahari tenggelam di sini," ungkap Alifia di Bengkulu Selasa, 26 Desember 2017.

Tidak hanya suasana yang mendukung, di kawasan Sport Center Pantai Panjang ini juga menyediakan berbagai spot untuk melakukan swafoto. Salah satunya, tulisan besar Pantai Panjang yang berwarna-warni dan jajaran cemara pantai yang terbentang menghijau di sisi pasir putih.

"Semua sudut untuk melakukan foto selfie sangat baik dan belum saya temukan di daerah lain," ujar Alifia yang sengaja berkunjung bersama keluarga besarnya ke Bengkulu.

 

Saksikan tayangan video pilihan berikut ini:

 

 

2 dari 3 halaman

Langit Merah Jambu

Tidak hanya menyajikan suasana matahari tenggelam berwarna kuning keemasan. Pantai Panjang Bengkulu juga memantulkan cahaya merah muda atau pink di sebelah timur atau berlawanan dengan sunset.

Hawani Halvina, wisatawan asal Jakarta mengaku kagum dengan fenomena alam yang sangat jarang terjadi tersebut. Tidak hanya melakukan swafoto, dia juga menyempatkan diri merekamgambar video untuk dikirim ke media sosial miliknya.

"Warna langitnya sesuai dengan suasana hati, pink," ucap Hawani yang berasal dari suku Ambon tersebut sambil tersenyum.

Senada dengan Hawani, Annisa Basirah, mahasiswi kedokteran gigi salah satu universitas di Jakarta mengaku langsung menuju pantai ketika mendarat dengan pesawat sore di Bengkulu. Dia tidak mau melewati kesempatan bertemu langit merah jambu yang muncul ketika cuaca sedang cerah.

"Harus ke sini dulu, besok besok belum tentu cuaca cerah begini," kata Annisa yang akrab disapa Icha.

3 dari 3 halaman

Wonderfull Bengkulu 2020

Bengkulu saat ini tengah bergeliat mengembangkan sektor pariwisata. Rencana mewujudkan tahun kunjungan wisata atau Visit Bengkulu Years 2020 sudah dimulai sejak 2017 ini.

Pelaksana tugas Gubernur Rohidin Mersyah mengatakan, saat ini pemerintah Bengkulu bersama para bupati dan wali kota terus melakukan pembenahan infrastruktur kepariwisataan. Tidak hanya wisata alam, Bengkulu juga memiliki sektor wisata lain yaitu sejarah, kebangsaan, dan wisata budaya.

"Infrastruktur kita benahi terlebih dahulu," ucap Rohidin.

Pihaknya juga terus melakukan penyadaran kepada masyarakat tentang bagaimana menghadapi para wisatawan lokal maupun mancanegara yang berkunjung ke Bengkulu. Ini penting dilakukan sebagai syarat utama supaya orang yang datang menjadi betah dan membawa citra baik ketika kembali ke daerahnya.

"Mental masyarakat yang juga kita terus bina," kata Rohidin memungkasi.