Sukses

Kahiyang Ayu-Bobby Nasution Akan Diarak Sejauh 3 Km di Medan

Liputan6.com, Medan - Saat ngunduh mantu dalam rangkaian pernikahan Kahiyang Ayu-Bobby Nasution, pihak keluarga akan menggelar arak-arakan seperti di Kota Solo, Jawa Tengah.

Paman Bobby, Erwan Rozali Nasution, mengatakan pasangan pengantin Kahiyang Ayu-Bobby Nasution bakal diarak dari Jalan Ringroad, Medan, Sumatera Utara, menuju kediaman orangtua Bobby di Perumahan Bukit Hijau Ragency (BHR), Jalan Setia Budi.

"Arak-arakan ini diperkirakan jaraknya sejauh tiga kilometer," ucap Erwan, Rabu (15/11/2017).

Erwan menjelaskan, arak-arakan putri Presiden Joko Widodo (Jokowi), Kahiyang Ayu dengan Bobby Nasution tersebut direncanakan berlangsung pada 26 November 2017. Sementara untuk 24 dan 25 November 2017, Kahiyang Ayu-Bobby Nasution akan mengikuti acara adat Mandailing.

"Acara adatnya di rumah orangtua Bobby. Hanya tanggal 21 November 2017, penabalan marga Siregar untuk Kahiyang di Jalan STM," katanya.

Erwan mengungkapkan, Kahiyang Ayu-Bobby Nasution akan tiba di Kota Medan, pada 19 November 2017. Nantinya, pasangan suami istri itu akan disambut secara adat di kediaman Bobby.

"Keduanya akan disambut secara adat, namanya kalau di adat Mandailing itu manyantani, ritual penyambutan atau menerima menantu," ujar Erwan.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

 

2 dari 4 halaman

Persiapan Capai 80 Persen

Sebelumnya, Erwan Rozali Nasution mengatakan, persiapan ngunduh mantu dalam rangkaian acara pernikahan Kahiyang Ayu-Bobby Nasution mendekati tuntas. Menurut paman Bobby tersebut, persiapannya sudah 80 persen rampung.

"Seratus persen belum, masih 80 persen, untuk 20 persen lagi menjelang hari H," kata Erwan, Rabu (15/11/2017).

Acara ngunduh mantu dimulai pada 21 November 2017. Rangkaian acara pertama adalah penabalan marga Siregar kepada putri Presiden Jokowi, Kahiyang Ayu.

Acara penabalan marga akan dilakukan di kediaman paman Bobby lainnya, Doli Siregar, di Jalan STM, Medan. Kemudian, acara adat digelar pada 24 dan 25 November 2017. Adapun acara puncak resepsi pada 26 November 2017.

Acara terakhir akan dilaksanakan di kediaman orangtua Bobby, di Perumahan Setia Budi Bukit Hijau Regency (BHR), Nomor 123.

"Untuk persiapan keluarga besan dari Solo, tanggal 19 (November 2017) kami sambut di kediaman kami. Kalau di adat Mandailing itu namanya manyantani, ritual penyambutan atau menerima menantu," ujar dia.

3 dari 4 halaman

Adat Mandailing

Erwan menjelaskan, acara yang dilaksanakan di Medan, sangat berbeda dengan acara yang digelar di Solo sebelumnya.

Sebab, di Solo sangat kental dengan nuansa adat Jawa, sedangkan di Kota Medan menggunakan adat Mandailing dari Tapanuli Selatan.

"Jelas sangat beda," ia mengungkapkan.

Erwan memprediksi jumlah tamu yang hadir sekitar 2.000 hingga 2.500 orang. Tidak hanya dari dalam kota, tamu-tamu itu juga akan datang dari luar kota.

"Itu estimasi kita, kalau tidak salah undangan yang disebar segitu. Kalau untuk dari keluarga Kahiyang lebih kurang 100 orang dari Solo. Pihak keluarga besar Bobby akan berkumpul dalam acara adat," ia menerangkan.

4 dari 4 halaman

CCTV Akan Dipasang di Lokasi Ngunduh Mantu

Adapun Kodam I/Bukit Barisan akan memasang kamera pengintai atau CCTV di lokasi acara ngunduh mantu dalam rangkaian pernikahan Kahiyang Ayu dan Bobby Nasution di Kota Medan, Sumatera Utara. Pasintel Kodam I/BB Kolonel Inf Maulana Ridwan mengatakan, pemasangan CCTV dilakukan untuk keamanan acara.

Rencananya, sejumlah CCTV akan dipasang di beberapa lokasi. "Sekitar 10 CCTV akan kita pasang. Ini untuk keamanan," kata Ridwan, Rabu (15/11/2017).

Ia mengatakan, kamera CCTV akan dipasang di lokasi-lokasi strategis, seperti panggung, pelaminan, tenda utama, security door, tenda relawan, pintu-pintu masuk kompleks dan lokasi lainnya.

Setelah kamera CCTV terpasang, petugas akan melakukan pemantauan dari posko keamanan. Pemantauan dilakukan petugas menggunakan televisi yang nantinya disediakan.

"Selain CCTV, kita juga akan akses kamera lalu lintas Dishub yang memang sudah terpasang," Ridwan menjelaskan.

Loading