Sukses

Nugget Singkong Penambah Nafsu Makan dari Yogyakarta

Liputan6.com, Yogyakarta - Singkong selama ini hanya diolah dengan cara direbus atau digoreng. Lalu, sekelompok mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) menyulap singkong menjadi nugget.

Inovasi ini muncul setelah melihat lokasi KKN B-106 di Dusun Trukan, Desa Nglegi, Kecamatan Patuk, Kabupaten Gunungkidul. Masyarakatnya banyak menanam singkong.

"Jadi, bahan baku singkong tidak sulit dicari," ujar Wahyu Aryo Baskoro, Ketua KKN B-106, beberapa waktu lalu.

Ia mengatakan inovasi nugget dari singkong sengaja diciptakan supaya masyarakat bisa menikmati singkong dalam bentuk lain. Anak-anak juga bisa lebih nafsu makan karena ada alternatif lauk, selain telur atau tempe.Anggun Yuni Adi Saputri, salah satu anggota KKN B-106 menyebutkan resep nugget singkong terdiri dari tiga bagian, yaitu bahan baku, tepung kering, dan tepung basah.

"Tepung kering dan basah digunakan ketika menggoreng nugget singkong supaya lebih gurih dan renyah," ujar mahasiswi program studi Pendidikan Teknik Boga itu.

Bahan baku yang diperlukan adalah 500 gram singkong kukus, 500 gram daging ayam fillet, tiga siung bawang putih, satu buah bawang bombay sedang, empat sendok makan tepung tapioka, tiga sendok teh bubuk bawang putih, satu sendok makan margarin, 350 gram tepung roti, setengah sendok makan jahe parut, 1 liter minyak goreng, garam, lada, dan gula secukupnya.

Bahan tepung kering meliputi, 150 gram tepung terigu tinggi protein, 50 gram tepung maizena, 1 sendok teh garlic powder, garam dan lada secukupnya, sedangkan bahan tepung basah terdiri dari 50 gram tepung terigu tinggi protein, 30 gram tepung maizena, setengah sendok teh baking soda, 1 butir telur ayam, 1 sendok teh bubuk bawang putih, 90 ml air dingin, garam dan lada secukupnya.Anggun memaparkan cara pembuatan dimulai dari menumis bawang putih dan bawang bombay sampai harum. Singkong kukus dihaluskan, lalu daging ayam filter digiling dengan bumbu hingga halus.

Campur adonan daging ayam dan singkong kukus hingga rata kemudian masukkan dalam loyang yang dilapisi plastik bening atau daun pisang yang diolesi minyak. Kukus selama 15-30 menit, kemudian angkat, didinginkan, dan potong berbentuk stik.

Stik nugget dibalurkan ke dalam tepung kering sampai rata, masukkan dalam tepung basah, kemudian digulingkan ke dalam tepung roti, dan goreng sampai berwarna cokelat. Tiriskan dan nugget singkong siap disajikan.

"Pembuatan nugget singkong ini telah disampaikan pada warga Trukan dan berhasil baik," ucap Anggun.

Saksikan video pilihan berikut ini:

 

 

 

 

Loading