Sukses

Gowes Pesona Nusantara Mampir di Provinsi Calon Ibu Kota

Sesuai jadwal, Gowes Pesona Nusantara akan dipusatkan di Monumen Tugu Sukarno, Kota Palangka Raya, Kalimantan Tengah.

Liputan6.com, Palangka Raya - Pelaksanaan Gowes Pesona Nusantara (GPN) yang merupakan salah satu program unggulan Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) singgah di provinsi calon ibu kota negara, yaitu Kalimantan Tengah, tepatnya di Kota Palangka Raya, Minggu (6/8/2017).

Persiapan menghadapi kegiatan dalam rangkaian Ayo Olahraga ini terbilang cukup baik.

"Animo masyarakat di sini luar biasa. Saat ini aja kami sudah menyebar 2.000 kaus. Itu pun masih kami tambah. Saat ini kami juga sudah menolak peserta karena banyak juga yang datang dari luar kota seperti Katingan," ucap Pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinas Kepemudaan dan Olahraga Kota Palangkaraya, Gunawan Abel di Palangkaraya, Sabtu, 5 Agustus 2017, dilansir Antara.

Sesuai jadwal, Gowes Pesona Nusantara 2017 di Palangka Raya, akan dipusatkan di Monumen Tugu Sukarno. Selanjutnya, peserta kegiatan satu paket dengan Galadesa yang didukung penuh oleh Kemenpora ini menyuruti rute yang telah disiapkan. Mereka bakal mencapai titik finis di Stadion Sanaman Mantikei.

Abel menjelaskan, peserta Gowes Pesona Nusantara ini melibatkan banyak kalangan. Tak hanya komunitas sepeda yang ada di Palangkaraya, namun juga melibatkan pelajar hingga pejabat di lingkungan Pemerintah Kota Palangka Raya hingga Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah.

"Bapak Wali Kota, Wakapolda, dan Danrem, juga menyatakan kesiapannya untuk bergabung. Terus terang, kegiatan ini sambutan masyarakat luar biasa," Abel menambahkan.

Gowes Pesona Nusantara ini, kata dia, juga akan dijadikan sebagai media untuk lebih mengenalkan objek wisata yang ada di Palangka Raya. Apalagi, Palangka Raya sejak zaman Presiden pertama RI Sukarno sudah dikenal dengan kota yang dipersiapkan untuk menjadi ibu kota.

Di lokasi yang sama, berlangsung beberapa kegiatan. Di antaranya, Gelar Merah Putih yang pesertanya berasal dari beberapa komunitas, seperti sepeda, sepeda motor hingga mobil. Selain itu juga akan digelar dengan pelantikan Satuan Tugas (Satgas) Penanggulangan Narkoba.

Sebelum pelaksanaan Gowes Pesona Nusantara, tetua adat setempat akan menggelar prosesi pengambilan tanah dan air di tepian Sungai Kahayan. Selanjutnya, dua benda tersebut akan dikumpulkan dengan tanah dan air yang diambil dari 90 kota lainnya di Magelang, Jawa Tengah.

Sementara itu, Palangka Raya dipastikan menjadi kota pertama yang bakal melakukan tes kebugaran bagi peserta Gowes Pesona Nusantara. Untuk melaksanakan program tersebut, Kemenpora menggandeng beberapa pihak. Khusus di Palangka Raya, kerja sama dengan Universitas Negeri Sebelas Maret (UNS) Solo.

Saksikan video menarik di bawah ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.