Sukses

Chocodot Garut, Olahan Cokelat Lokal Rasa Internasional

Liputan6.com, Garut - Bagi Anda yang menghabiskan liburan di Garut, jangan lupa membawa buah tangan saat hendak kembali ke kampung halaman. Dari sekian banyak pilihan, ada chocodot alias cokelat berisi dodol Garut yang banyak menjadi buruan pengunjung.

"Memang enak, cokelatnya gurih, teman saya juga banyak yang nanyain di kantor, kalau pulang ke Garut, jangan lupa Chocodotnya," ujar Firdaus, salah satu pengunjung yang tengah berbelanja oleh-oleh di bilangan Tarogong Garut, Minggu, 2 Juli 2017.

Selain oleh-oleh dodol dan kerupuk kulit yang selalu menjadi ciri khas pemudik asal Garut, kehadiran chocodot memberikan banyak pilihan belanja  bagi pengunjung. "Kemasannya juga menarik, jadi lebih mudah mencarinya," ujarnya.

Kiki Gumelar, pemilik perusahaan Chocodot, mengatakan sejak pertama kali diluncurkan 10 tahun lalu, produk hasil olahannya itu langsung mendapat tempat di hati masyarakat Garut. Selain rasanya yang gurih, cara pengemasannya juga cukup menarik.

"Perbedaan kita salah satunya di kemasan, karena segmennya buat semua, terutama kawula muda," ujar dia.

Khusus lebaran tahun ini, perusahaannya mengeluarkan beberapa produk cokelat baru. Yakni, cokelat bernuansa internasional untuk menarik perhatian pecinta cokelat luar negeri.

"Sekalian pengembangan pasar luar negeri, karena banyak juga pesanan klien kami dari luar negeri," ujarnya.

Sebagai makanan khas perpaduan cokelat dan dodol Garut yang sudah lebih dulu dikenal, kehadiran Chocodot mesti dikemas semenarik mungkin. "Kalau hanya menjual cokelat kan kurang menarik, makanya ada inovasi di rasa dan kemasan juga," katanya.

Beberapa produk Chocodot baru itu yakni cokelat bajigur dan bandrek aren dengan kemasan bertemakan Italia. Ada pula produk kue Bangket, yakni makanan kue jahe khas Garut yang dikemas dengan nuansa Korea.

"Cokelat dikenal luas di Italia, lalu jahe terkenal di Korea, makanya kita pakai kemasan negara tersebut," ujarnya.

Selain dua di atas, kemudian produk rangicok, yakni ranginang makanan khas daerah Garut yang dicelup pakai cokelat lalu dikemas bernuansa Thailand.

Kemudian Begehel, roti bagelen makanan khas Garut yang dikeringkan yang dicelup cokelat dengan kemasan ala Belanda, serta produk Truffle, makanan dodol khas Garut yang dilumuri cokelat dengan kemasan Paris.

"Produk lainnya pisang dengan brand cokelat, mengangkat tema kemasan kawasan Hawai," katanya.

Bagi anda yang ingin merasakan sensasi internasional dalam rasa baru cokelat itu, cukup datang di setiap galeri Chocodot di Kabupaten Garut atau toko-toko oleh-oleh khas Garut.

"Kami berharap selain berwisata di Garut, para pemudik pun tidak lupa membawa khas Garut dari produk Chocodot," ucap dia.

 

Saksikan Video Menarik di Bawah Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.