Sukses

Ngabuburit Bersama Rusa-Rusa Cirebon

Di bulan Ramadan ini, aktivitas sore diiisi dengan ngabuburit sambil menunggu waktu berbuka puasa oleh kebanyakan warga Cirebon.

Liputan6.com, Cirebon - Beragam cara dan aktivitas dilakukan warga Pantura Cirebon, Jawa Barat, untuk menikmati sore. Apalagi, di bulan Ramadan ini, aktivitas sore diisi dengan ngabuburit sambil menunggu waktu berbuka puasa.

Mulai dari nongkrong di tempat keramaian hingga berburu takjil untuk persiapan berbuka puasa. Namun, ada yang unik dari warga Cirebon saat ngabuburit.

Setiap sore hari, banyak warga memadati area Gedung Negara yang terletak di Bunderan Krucuk, Kota Cirebon. Bahkan, kawasan tersebut sudah menjadi tempat favorit bagi warga sekitar untuk menunggu azan Magrib.

Sambil menunggu waktu berbuka puasa, warga memadati taman rusa yang ada di area Gedung Negara. Bersama anak-anak, mereka memberi makan puluhan rusa yang ada di Gedung Negara.

"Sekaligus mengajarkan pentingnya mengasihi sesama makhluk hidup. Anak kami senang dan hampir setiap hari kami ke sini (taman rusa gedung negara)," kata salah seorang warga Klayan Kabupaten Cirebon, Caridi, belum lama ini.

Cukup mengeluarkan uang Rp 3.000, warga bisa bermain bersama rusa. Tak hanya itu, di sekitar taman, terdapat penjual sayur yang dijual khusus untuk makanan rusa.

"Kita cuma beli pakan rusa saja seperti kangkung dan wortel," sebut dia. 

Di bulan Ramadan ini, aktivitas sore diiisi dengan ngabuburit sambil menunggu waktu berbuka puasa oleh kebanyakan warga Cirebon. (Liputan6.com/Panji Prayitno).
Meski jadi tempat favorit dan asyik untuk ngabuburit di bulan Ramadan ini, di lokasi tersebut tidak disediakan lahan parkir. Bahkan, kebanyakan para pengendara motor memarkirkan kendaraannya di bahu jalan, sehingga menyebabkan kemacetan pada saat sore menjelang berbuka puasa.

"Ya kalau ada lahan parkir mah kita mau saja, tapi tidak ada. Kebanyakan dari kita juga kasih makan rusa dari luar Gedung Negara, bukan dari dalam," tutur dia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini