Sukses

18 Tahanan Kabur Binjai Beraksi Seperti Bob Napi Badung

Total 10 tahanan kabur Polres Binjai yang berhasil ditangkap kembali. Mereka merancang aksi kabur dengan telaten, bagaikan Bob Napi Badung.

Liputan6.com, Medan – Peristiwa kaburnya 18 tahanan narkoba Polres Binjai, Sumatera Utara, ternyata telah direncanakan beberapa hari sebelumnya. Hal itu terungkap dari pengakuan seorang tahanan bernama Rizki Prayudha alias Yuda, 21 tahun, yang sempat kabur dan ditangkap kembali.

"Sudah direncanakan beberapa hari lalu," katanya, Senin, 15 Mei 2017.

Mereka merencanakan aksi pelarian dengan telaten. Rencana mereka mengingatkan pada kisah fiksi Bob Napi Badung dalam komik Franco-Belgia oleh Paul Deliège dan Maurice Rosy. Bedanya, segala upaya Bob melarikan diri dari tahanan Inzepoket selalu gagal, sedangkan para tahanan Binjai ini sempat berhasil. 

Rizki bersama para tahanan lainnya selama tiga hari membuat lubang di dalam sel untuk melarikan diri. Lubang yang dibuat mereka tidak terlalu besar dan hanya bisa dimasuki oleh tahanan bertubuh kecil.

Lubang untuk kabur dilubangi dengan gerendel baja ruang tahanan yang sebelumnya telah dirusak. Kala ditanya mengenai otak pelaku yang memprovokasi mereka untuk kabur, Rizki enggan membeberkannya. 

"Sudah tiga hari kami rencanakan," katanya.

Hingga saat ini, 10 dari 18 tahanan narkoba Polres Binjai berhasil ditangkap kembali oleh petugas gabungan. Terbaru, dua tahanan yang kembali ditangkap adalah Dedi Syahputra alias Tarso dan Bambang Syahputra alias Bembeng.

"Dedi ditangkap tadi pagi sekira pukul 07.00 WIB di kilometer 18, di kos-kosan. Dedi Syahputra dilakukan tindakan tegas dengan menembak kakinya karena berusaha melarikan diri, sedangkan satu lagi Bembeng menyerahkan diri pukul 17.00 WIB," kata Kabid Humas Polda Sumut Kombes Rina Sari Ginting.

Rina mengatakan, dengan tertangkapnya dua tahanan tersebut, total tahanan yang masih dikejar berjumlah delapan orang. Pihaknya telah menyebar anggota di sejumlah titik demi meringkus para tahanan tersebut.

"Masih ada delapan lagi, masih terus diburu," ujar Rina.

Salah satu tahanan kabur Polres Binjai yang berhasil ditangkap kembali pada Senin, 15 Mei 2017. (Liputan6.com/Reza Efendi)

Berikut 10 tahanan kabur yang telah diringkus:

1. Rizqy Prayudha alias Yudha (diserahkan keluarga)

2. Boncu Ali Kenap (diserahkan keluarga)

3. Sehat Ginting alias Keling (ditangkap di seputaran Binjai)

4. Radit Ananda Ginting (ditangkap di seputaran Binjai)

5. Deni Syahputra alias Deni (diserahkan keluarga)

6. Arfan Ramadan alias Dedek (diserahkan keluarga)

7. Hendrik Perdamean Siahaan alias Henri (diserahkan keluarga)

8. Apri Ramadani alias Apri (diserahkan keluarga)

9. Dedi Syahputra alias Tarso (ditembak karena mencoba kabur)

10. Bambang Syahputra alias Bembeng (menyerahkan diri)

Berikut delapan tahanan kabur yang masih diburu:

1.  Sukarno alias Karno

2.  Ade Irawan alias Bram

3.  Feri Anwar

4.  Ade Irawan

5.  Syaifuddin alias Syaiful

6.  Devi Piliang alias Debrik

7.  Erwin

8. Syafruddin Lubis alias Udin.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.