Sukses

Cara Polisi Pemalang Amankan Situasi Jelang Ramadan

Sejumlah langkah antisipasi gangguan keamanan menjelang bulan Ramadan dilakukan pihak kepolisian.

Liputan6.com, Pemalang - Sejumlah langkah antisipasi gangguan keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas) menjelang bulan Ramadan dilakukan pihak kepolisian. Salah satunya dengan menggiatkan sistem keamanan keliling (siskamling) seperti yang ditempuh Polres Pemalang, Jawa Tengah.

Kapolres Pemalang AKBP Kingkin Winisuda pun mengimbau warga untuk menggiatkan siskamling menjelang bulan puasa.

"Sebentar lagi bulan Ramadan, ayo semua masyarakat mulai di lingkungan masyarakat, tingkat RT kembali giatkan siskamling," ucap Kingkin, Selasa (2/5/2017).

Adapun imbauan menggiatkan kembali siskamling telah disampaikan Kapolres saat apel besar kegiatan siskamling serentak di Mapolsek Petarukan. Siskamling penting dilakukan sebagai antisipasi dini tindak kejahatan.

Apalagi, ia menambahkan, gangguan keamanan di dunia teknologi yang semakin canggih membuat modus operandi kejahatan semakin canggih pula.

"Situasi keamanan dan ketertiban masyarakat yang kondusif merupakan salah satu prasyarat yang utama bagi terselenggaranya proses pembangunan nasional yang ditandai dengan terjaminnya keamanan dan ketertiban serta tegaknya supremasi hukum," kata dia.

Dia menyadari tentang masih minimnya personel Polri dibanding dengan jumlah penduduk di Indonesia. Karena itu, dia mengharapkan peran serta masyarakat dalam menjaga kamtibmas khususnya menjelang Ramadan ini.

"Untuk itu saya mengajak kepada semua komponen potensi masyarakat yang ada di Kabupaten Pemalang bersama-sama dan bergotong-royong dengan berasaskan budaya kepaguyuban untuk dapat membuahkan sebuah sistem keamanan lingkungan, agar dapat tercipta rasa aman," Kingkin menerangkan.

Menurut dia, bulan Ramadan menjadi periode yang penting bagi umat muslim. Saat umat Islam menjalankan ibadah puasa dan ibadah Ramadan lainnya, diperlukan suasana yang kondusif dan tanpa gangguan kamtibmas.

Ia menambahkan, diharapkan kepada segenap komponen masyarakat dari unsur Kaposkamling ini untuk menggiatkan siskamling menjelang Ramadan, agar lingkungan menjadi aman, tertib serta kondusif.

"Fungsi dan tujuan siskamling sangat baik dan mulia, yaitu untuk menjamin terpenuhinya kebutuhan rasa aman dan menanggulangi berbagai bentuk ancaman serta gangguan kamtibmas di suatu lingkungan. Maka, keberadaan dan peran aktif Siskamling masih diperlukan dan didambakan oleh semua pihak," ujar Kapolres Pemalang.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.