Sukses

Gunung Lokon Keluarkan Asap, Awas Jangan Mendekat

Tingkat aktivitas Gunung Lokon naik ke level 2 atau waspada.

Liputan6.com, Tomohon - Aktivitas Gunung Lokon di Kota Tomohon, Sulawesi Utara terpantau meningkat. Gunung ini saat ini berstatus waspada atau level II. "Tingkat aktivitas Gunung Lokon naik ke level 2 atau waspada," ungkap Jemmy Runtuwene dari Pos Pengamatan Gunung Lokon Tomohon, Sabtu (18/2/2017).

Aktivitas Gunung Lokon ini usai peningkatan status Gunung Sopotan ke level II pada pekan lalu. Dari pantaun Sabtu pagi ini, Gunung Lokon mengeluarkan asap putih dari kawah.

"Asap kawah teramati berwarna putih dengan intensitas tipis dan tinggi 25-75 meter di atas kawah puncak," ucap dia.

Dengan kondisi ini, Jemmy mengingatkan masyarakat dan wisatawan untuk tidak mendekati dan melakukan aktivitas di dalam radius 1.5 km dari Kawah Tompaluan atau  pusat aktivitas. Selanjutnya jika terjadi hujan abu, masyarakat untuk tetap berada di dalam rumah.

"Apabila berada di luar rumah disarankan untuk menggunakan pelindung hidung, mulut dan mata," ujar dia.

Jemmy juga menyampaikan agar masyarakat mewaspadai potensi lahar pada sungai-sungai yang berhulu dari puncak Gunung Lokon.

"Apalagi sekarang curah hujan lagi tinggi," ucap Jemmy.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Tomohon, Robby Kalangi mengatakan, pihaknya siap mengantisipasi berbagai kemungkinan terkait peningkatan aktivitas Gunung Lokon.

"Ada pos BPBD yang juga memantau dan melaporkan perkembangan yang terjadi," ujar Robby.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini