Sukses

Jerat Korban, Pencuri Motor Pajang Foto Wanita Cantik di Medsos

Pemuda usia 23 tahun itu ditangkap di wilayah Subang setelah polisi menjebaknya.

Liputan6.com, Karawang - Rana, warga Cilempung, Karawang, Jawa Barat, terpaksa berurusan dengan polisi. Terduga pencuri sepeda motor ini diringkus Satuan Reserse dan Kriminal Polres Subang, Jawa Barat. Pemuda usia 23 tahun itu ditangkap di wilayah Subang setelah polisi menjebaknya.

Saat menjalankan aksi pencurian kendaraan bermotor atau curanmor, menurut polisi, Rana memiliki modus operandi yang terbilang unik. Ia terlebih dahulu berkenalan dengan calon korbannya di media sosial (medsos) Facebook. Selain menggunakan akun palsu, ia juga mengaku sebagai seorang perempuan.

"Di akun palsu Facebook pelaku Rana ini selalu memajang foto perempuan berparas cantik. Selanjutnya, janjian dan mengajak bertemu di suatu tempat. Yang dia ajak berkenalan rata-rata sasarannya adalah pria yang memajang sepeda motor sport," ucap Kasat Reskrim Polres Subang AKP Yandri Mono, Sabtu, 10 Desember 2016.

Menurut Yandri, Rana tidak sendirian beraksi, tapi dibantu adik perempuannya R-Y dalam menjebak korban. Setelah janjian di suatu tempat, pelaku kemudian menemui calon korbannya dan berpura-pura meminjam sepeda motor untuk menjemput adiknya tersebut.

"Selanjutnya mereka beraksi dan membawa kabur sepeda motor korbannya itu," Yandri menjelaskan.

Di hadapan penyidik, Rana mengaku untuk dapat menjerat calon korbannya membutuhkan waktu lebih dari dua pekan hingga setiap korban yakin dan bisa diajak "kopi darat" atau bertemu.

"Saya rayu-rayu seolah saya adalah perempuan seperti yang ada di foto profile Facebook saya. Setelah korbannya mau, terus saya ajak ketemuan dan janjian di satu tempat," tutur Rana.

Selain menangkap Rana, polisi juga menciduk tiga penadah dari hasil penjualan sepeda motor curiannya. Masing-masing Sanudin, Subhan dan Ino Sutrisno, warga Cilempung, Kabupaten Karawang yang dikenal sebagai "kampung begal curanmor". Sedangkan adik tersangka utama Rana berinisial R-Y hingga saat ini masih dalam pengejaran setelah berhasil kabur saat hendak ditangkap.

"Dari laporan ke pihak kami, pelaku sudah beraksi lebih dari tiga belas kali. Dengan modus yang sama pelaku, melakukan tipu daya dan menjerat setiap korbannya," Yandri menambahkan.

Dari penangkapan terhadap Rana dan tiga penadahnya, aparat Polres Subang menyita 13 sepeda motor jenis sport dari berbagai merek.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.