Sukses

23 Agenda Wisata Banten

Dari 23 agenda wisata Banten, ada 3 yang sudah jadi agenda nasional.

Liputan6.com, Serang - Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Banten berkomitmen meningkatkan kunjungan wisatawan baik domestik maupun mancanegara pada 2017. Untuk itu disiapkan 23 agenda mempromosikan pariwisata dan budaya daerah ini.

Kepala Disbudpar Provinsi Banten, Opar Sohari, mengatakan dari sekitar 23 agenda yang diusulkan pada 2017, tiga di antaranya sudah menjadi Top Three Event Banten yang menjadi kalender nasional, yakni Seba Baduy, Banten Beach Festival, dan Tanjung Lesung Festival.

"Ini bagian dari upaya untuk mempromosikan pariwisata kita kepada wisatawan domestik maupun mancanegara," kata Opar didampingi Kasi Promosi Disbudpar Banten, Dewi Untari, di Serang, Kamis 1 Desember 2016, seperti dilansir Antara.

Opar Sohari mengatakan, kekayaan potensi wisata baik alam maupun kebudayaan di Provinsi Banten, perlu dikelola dan ditangani dengan baik. Banten mempunyai potensi seni budaya dan alam yang bisa dijadikan objek wisata.

Menurut dia, dengan mengusung tag line "Exciting Banten" untuk menggenjot kunjungan pariwisata ke daerah ini, pihaknya juga akan melakukan beberapa inovasi untuk lebih menarik minat dan kunjungan wisatawan ke sejumlah destinasi wisata setempat.

Opar mengatakan, sejumlah agenda promosi pariwisata yang sudah dijalankan pada 2016 di sejumlah tempat di antaranya Festival Teater, Seba Baduy, dan Cilegon Ethnic Carnival.

Kemudian Festival Lomba Permainan Anak Tradisional, Festival Kuliner Khas Banten, Festival Cinderamata, Festival Fashion, dan Festival Cisadane, juga Festival Lagu Daerah.

"Agenda ini sebagai acuan untuk 2017. Di samping itu juga kami melakukan inovasi dan pengembangan yang lebih menarik dan unik," ujar dia.

Kegiatan pariwisata seni dan budaya lainnya, kata Opar, Festival Rakyat Cibaliung, Seren Taun masyarakat adat (kaolotan) Banten Selatan, Kang Nong Banten, Festival Situ Tujuh Muara, Festival Masyarakat Pesisir, Festival Bahari, Festival Tanjung Lesung, dan Ekspedisi Sungai Cibanten.

"Kemarin kita juga menggelar Festival Tanjung Lesung dan Banten Beach Festival di Anyer. Hingga akhir tahun ini kita masih ada event Festival Tangerang, dan Panjang Mulud," Kepala Disbudpar Banten itu memungkasi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.