Sukses

Sejarah Sakit Hasmi Gundala Putra Petir

Ada beberapa penyakit kronis yang diderita Hasmi sang penemu Gundala Putra Petir.

Liputan6.com, Yogyakarta - Hasmi, komikus pencipta Gundala Putra Petir sudah pernah mengalami gangguan usus 24 tahun silam. Ketika itu dokter pernah bilang, penyakit laki-laki kelahiran Yogyakarta, 25 Desember 1946 itu bisa kambuh lagi.

Kondisi ususnya lengket dan harus dipotong beberapa ruas. "Dua tahun lalu pernah kambuh tapi sudah sembuh dan baru beberapa hari lalu ayah sakit perut, seperti kram perut, dan ibu menyuruh ke rumah sakit," ujar Ainun Anggitamukti (18), putri sulung Hasmi, di rumah duka, Minggu (6/11/2016).

Dokter menyarankan sang ayah untuk rawat inap dan dioperasi. Keluarga miris membayangkan usus ayahnya dipotong beberapa ruas lagi.

Menurut Ainun, dokternya pun sudah memberitahu sang ibu kalau operasi ini berisiko. Walaupun akhirnya operasi berjalan lancar, tetapi ia menyadari kondisi ayahnya yang sudah sepuh.

Ainun menambahkan selain mengidap penyakit usus, Hasmi juga memiliki penyakit hipertensi, kolesterol, dan diabetes. "Hal-hal itu yang membuat sang ayah sangat menjaga pola makan," ucap mahasiswi Fakultas Teknik Sipil UGM.

Bahkan, kata dia, ayahnya tidak segan mencoba segala macam jamu dan bahan alami pengobatan herbal. Walaupun pahit, Hasmi tetap menenggaknya demi kesehatan. "Bawang dan apa pun ayah suka makan mentah-mentah," ujar dia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini