Sukses

Wafat, Selamat Jalan Hasmi Gundala Putra Petir

Hasmi Gundala Putra Petir jadi penulis naskah dan skenario untuk drama dan pertunjukan ketika komik di Indonesia lesu. gundala

Liputan6.com, Yogyakarta - Harya Suryaminata atau yang akrab dikenal dengan panggilan Hasmi, komikus pencipta Gundala Putra Petir, wafat di RS Bethesda Yogyakarta, Minggu (6/11/2016) pukul 12.30 WIB. Sebelumnya, bapak dari dua anak ini menjalani operasi usus pada 2 November lalu.

Jenazah disemayamkan di SMK Bopkri 4 Karangwaru, Tegalrejo, Yogyakarta mengingat keterbatasan ruang di kediaman Hasmi yang tak jauh dari sekolah tersebut. Rencananya, Hasmi akan dimakamkan di Makam Seniman Imogiri Bantul pada Senin (7/11/2016) pukul 12.00 WIB. 

Ucapan duka dan doa pun mengalir, seperti terbaca di media sosial. Salah satunya dari seniman Butet Kertaredjasa melalui akun Twitter @masbutet. "SELAMAT JALAN MAS HASMI, ayahnya GUNDALA PUTRA PETIR". 

Hasmi lahir di Yogyakarta pada 25 Desember 1946. Kepada Liputan6.com pada Juli 2016 lalu, Hasmi mengisahkan kegiatannya di masa tua.

Ia banting setir menjadi penulis naskah dan skenario untuk drama maupun pertunjukan ketika komik di Indonesia memasuki fase lesu pada 1990-an.

 Hasmi pencipta Gundala Putra Petir wafat di Yogyakarta (Liputan6.com / Switzy Sabandar)

Gundala adalah karakter komik ciptaan Hasmi yang muncul pertama kali dalam komik Gundala Putra Petir pada 1969. Gundala termasuk karakter populer di Indonesia selain Godam, Si Buta dari Gua Hantu, dan Panji Tengkorak.

Gundala mempunyai kekuatan petir. Inspirasinya dari tokoh legenda Jawa Ki Ageng Sela yang dikisahkan bisa menangkap petir. Bentuk fisik Gundala sendiri terinspirasi karakter The Flash ciptaan Gardner Fox dari DC Comics.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini