Sukses

Cuaca Buruk Sempat Halangi Aktivitas Penerbangan di Bandara Yogya

Beberapa penerbangan ada yang mengalami delay dan dialihkan ke bandara lain.

Liputan6.com, Yogyakarta - Hujan deras yang melanda Kota Yogyakarta sejak Sabtu siang tadi membuat potensi bencana hingga terjadi penutupan bandara. Bandara Adisutjipto ditutup kurang lebih selama satu jam akibat hujan deras.

Kepala Humas Bandara Adisutjipto Yogyakarta Liza Anindya mengatakan, bandara ditutup selama satu jam karena cuaca buruk. Akibatnya, beberapa penerbangan ada yang mengalami delay dan dialihkan ke bandara lain. Untuk pesawat delay terjadi baik untuk kedatangan maupun keberangkatan.

"Iya close selama satu jam sejak pukul 14.20-15.20 WIB. Sekarang sudah open lagi," ucap dia saat dihubungi Liputan6.com, Sabtu (8/10/2016) sore.

Untuk pesawat yang dialihkan untuk kedatangan berasal dari Jakarta, Denpasar, dan Makasar. Sementara untuk pesawat berangkat dari Bandara Adisutjipto dengan tujuan Jakarta, Makassar, Balikpapan, juga dialihkan menuju Surabaya, Jawa Timur.

"Semua diverted (dialihkan) ke Surabaya," ujar Liza.

Bandara Adisutjipto, Yogyakarta, sempat ditutup sekitar satu jam akibat hujan deras, Sabtu (8/10/2016). (Liputan6.com/Yanuar H)

Adapun Indra selaku supervisor Pusat Pengendali Operasi (Pusdalops) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) mengatakan ada beberapa laporan yang masuk akibat hujan deras hari ini.

Ada tiga laporan, yaitu longsor dan pohon tumbang di Daerah Istimewa Yogyakarta sejak pukul 11.30 WIB. "Pertama pohon tumbang di depan Sardjito kena pagar, nihil korban. Lalu di Gunungkidul itu di jalan, nihil korban. Lalu terakhir longsor di Kricak, Kota Jogja di bantaran sungai, tidak ada korban jiwa. Tim BPBD Sleman sedang menangani di Sardjito," ujar dia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.