Sukses

Prinsip Keren Sekolah Khusus Orangtua Suku Dawan

Sekolah dibuka bagi para orangtua siswa karena keluarga juga berperan sama penting dalam pembentukan karakter setiap anak.

Liputan6.com, Kupang - Sekolah dengan anak didik siswa anak-anak tentu sudah biasa. Bagaimana jika sebuah sekolah mendidik para orangtua siswa? Nah, sekolah seperti ini ada di Timor Tengah Utara, Nusa Tenggara Timur (NTT), yakni Sekolah Amnasit.

Pertimbangannya, sekolah adalah sebuah institusi yang dirancang untuk kegiatan belajar mengajar. Selain bisa memberikan ilmu pengetahuan bagi anak didik, sekolah sangat berpengaruh dalam pembentukan karakter siswa.

Sekolah merupakan lingkungan yang paling dekat untuk siswa bisa belajar bersosialisasi, berinteraksi satu sama lain setelah keluarga. Seiring berjalannya waktu, pembentukan karakter yang diterapkan di sekolah saja tidak cukup. Keluarga juga berperan sama penting dalam pembentukan karakter setiap anak.

Dari sini muncul gagasan yang diambil dari kearifan lokal orang Dawan yang ada di Alor, NTT. Atas kesepakatan para tokoh-tokoh adat Suku Dawan dan perangkat desa bersama Wahana Visi Indonesia (WVI), pada 2014 terbentuklah Sekolah Amnasit atau sekolah orangtua.

Dalam Festival Praktik Cerdas yang digelar beberapa waktu lalu di Hotel Neo, Kupang, dua orang perwakilan dari dua desa di Kabupaten Timor Tengah Utara, yaitu Serilius Kevi dari Desa Nimasi dan Alexander Toabun dari Desa Manusassi, Kecamatan Miomaffo Barat, NTT, menceritakan keberhasilan mereka dalam mewujudkan Sekolah Amnasit atau sekolah orangtua.

Sekolah Amnasit atau sekolah orangtua merupakan sekolah untuk mendidik para orangtua untuk kembali menggunakan nilai-nilai luhur dalam mendidik anak dengan semangat matob mafit atau bergandengan tangan bersama.

Sekolah ini bukan sekadar sekolah reguler bagi para orangtua, tetapi juga mempertemukan para orangtua yang anak-anaknya bersekolah di SD yang didampingi WVI dalam sebuah diskusi kelompok serta studi kasus yang bisa langsung diterapkan saat kembali ke rumah. Contohnya dengan mengadakan makan malam bersama.

"Pada prinsipnya kami (WVI) ingin menjadikan rumah sebagai sekolah yang pertama dan sekolah sebagai rumah yang kedua," kata pendamping Suku Dawan di Alor.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

5 Prinsip Sekolah Suku Dawan

Hingga kini, sudah ada 50 keluarga yang didampingi WVI untuk terus mensosialisasikan sekolah Amnasit. Lalu, seperti apa metode pelajaran yang diajarkan kepada para orangtua?

1. Impian orangtua atau nekalit

Di prinsip ini yang ditekankan adalah karakter, di mana para orangtua harus memiliki mimpi yang baik untuk anak, sehingga cita-cita atau impian orangtua bisa terjawab.

2. Usaha

Kegiatan yang diberikan para orangtua kepada anak harus benar-benar positif.

3. Nasihat atau fainekat

Ketika anak-anak tidak mengerjakan tugas dari sekolah, orangtua harus memberikan pencerahan atau nasihat yang baik pada anak. Hal ini bisa dibangun lewat diskusi saat tengah melakukan jamuan makan malam bersama. Dengan begitu akan tercipta komunikasi dua arah.

4. Kuma atau pencerahan

Di prinsip ini, ketika anaknya tidak mengikuti prinsip kedua dan ketiga, orangtua harus memberikan pencerahan. Di pendekatan keempat ini bisa sangat fatal jika anak-anak selalu diiming-imingi dengan uang atau materi.

Berbeda dengan nilai-nilai kearifan lokal yang ada di Suku Dawan jauh-jauh sebelumnya. Para orangtua memberikan pencerahan. Contohnya seperti ini, "Tolong ya kamu cari daun, nanti daunnya bisa kita jual untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari."

5. Pujian

Di prinsip ini, ketika anaknya tidak mengikuti prinsip kedua dan ketiga, orangtua harus membujuk atau merayu. Ada perbedaan gaya orangtua membina anak mereka. Dulu itu kalau orangtua mau membujuk anak tidak dengan memberikan uang, tetapi usaha bersama. Contohnya anak diminta mencari daun untuk kemudian dijual bersama.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini