Sukses

Cuma Modal Surat, Nikah Gratis di Stasiun Tugu Yogya

Peserta akan mendapat beberapa fasilitas, seperti biaya nikah gratis, mahar seperangkat alat salat, cincin yang diukir khusus.

Liputan6.com, Yogyakarta - Sebanyak delapan pasangan pengantin akan nikah bareng di Stasiun Tugu Yogyakarta dan Kereta Api Prambanan Ekspres (Prameks). Pernikahan itu akan dilakukan pada Selasa 6 September 2016.

Ketua Forum Taaruf Indonesia (Fortais) Ryan Budi Nuryanto mengatakan, acara ini digelar dalam rangka HUT ke-260 Kota Yogyakarta, HUT ke-71 PT KAI, dan Hari Keistimewaan Yogyakarta. Ryan mengatakan, nikah bareng di dalam kereta merupakan kali pertama yang dilakukan di Indonesia.

"Sementara ini sudah ada 8 pasang manten yang telah melengkapi berkas sampai KUA Gedongtengen. Mereka berasal dari Yogyakarta dengan usia paling muda 20 tahun," ujar Ryan saat jumpa pers di kantor UPT Malioboro, Yogyakarta, Kamis (1/9/2016).

Ryan mengatakan, acara nikah gratis ini didukung oleh beberapa lembaga, seperti Pemkot DIY serta PT KAI yang menyediakan tempat dan 30 tiket.

Peserta akan mendapat beberapa fasilitas, seperti biaya nikah gratis, mahar seperangkat alat salat, cincin yang diukir khusus, kosmetik, dan pakaian. Pendaftaran masih dibuka hingga 2 September 2016.

"Pengantin akan dapat di antaranya acara resepsi di stasiun dan suvenir, ada 500 suvenir. Kita sediakan juga 500 nasi bungkus angkringan untuk semua yang hadir dalam acara nikah," ujar dia.

Ryan mengaku, banyak yang berminat untuk mendaftar dalam acara ini. Namun masih banyak pendaftar yang tidak lengkap berkasnya. Sehingga banyak pasangan yang tidak bisa mengikuti acara nikah bareng ini.

"Peserta cukup banyak. Tapi kendala yang dihadapi adalah masalah persuratan," ujar Ryan.

Dia menjelaskan, prosesi pernikahan akan dimulai dari kantor UPT Malioboro, Yogyakarta sejak pukul 05.00 WIB. Setelah itu pengantin akan dikirab dengan kereta melalui Jalan Malioboro menuju Statiun Tugu. Setelah sampai di Tugu, akan segera dilangsungkan prosesi ijab kabul.

"Nanti bergantian, tidak bersamaan. Pertama di stasiunnya ada 4 pasang, yang kedua lalu naik kereta api 11.05 WIB," papar dia.

"Nanti di atas Prameks (kereta) akan ada nikah lagi. Jadi ada dua sesi. 4 di bawah, yang 4 di dalam kereta api. Nanti sampai Stasiun Maguwoharjo lalu balik lagi," ucap Ryan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini