Sukses

Sopir Angkot Bandung Bakal Dibekali Aplikasi Seperti Pokemon Go

Aplikasi mirip Pokemon Go itu akan diluncurkan dalam tiga bulan mendatang.

Liputan6.com, Bandung - Pemerintah Kota Bandung bakal membuat aplikasi untuk sopir maupun penumpang angkutan kota yang diadopsi dari permainan Pokemon Go.

Hal ini dilakukan demi mendongkrak jumlah penumpang transportasi umum yang selama ini mulai ditinggalkan oleh masyarakat.

Nantinya, aplikasi yang akan diluncurkan tiga bulan mendatang akan bisa membantu sopir mengetahui posisi calon penumpang yang ingin menggunakan jasa angkot.

"Dishub akan membuat layanan aplikasi angkot dengan pola seperti berburu Pokemon. Kalau ada penumpang angkot terdeteksi tinggal diburu, biar ga ngetem juga," tutur Kadishub Kota Bandung, Didi Ruswandi dalam sambutan dalam peluncuran Bandung Ngangkot di Jalan Riau, Kota Bandung, Kamis (18/8/2016).

Sementara itu, Wali Kota Bandung, Ridwan Kamil mengatakan upaya mengatasi kemacetan di Kota Kembang tidak hanya menjadi tugas aparat tapi juga dibutuhkan kerja sama masyarakat.

Beberapa program telah dilakukan selain Jumat Ngangkot, seperti bike to work, bike to school, sekolah menggunakan bus atau berjalan kaki dan bisa diterapkan oleh masyarakat di hari tertentu.

"Saya sering mendapat komplain kemacetan dari pengendara mobil. Waktu foto dia sedang sendiri di dalam mobil. Kebayang kalau seluruh pengendara satu mobil satu orang. Jadi, masalah mengkomplain masalah sendiri."

"Kita harus mengubah jadi jangan olo-olo (manja) kalau berpikir semua orang ada mobil (bisa membuat macet). Kalau jarak dekat bisa jalan kaki, jarak jauh bisa naik sepeda atau ngangkot," kata lelaki yang akrab disapa Emil.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini