Sukses

Mau Bantu Pendidikan Papua, 12 Profesor Tak Dibukakan Pintu

Ke-12 profesor asli Indonesia itu sudah berkewarganegaraan Amerika Serikat.

Liputan6.com, Jayapura - Sebanyak 12 profesor berbagai perguruan tinggi di Amerika bersedia membantu pendidikan di tanah Papua. Para profesor asal Indonesia yang berganti kewarganegaraan Amerika Serikat itu bergerak dalam bidang teknik, pertanian, kesehatan, sains, keuangan dan kewirausahaan.

Menko Kemaritiman Luhut Panjaitan dalam tatap muka dengan tokoh agama, masyarakat dan pemuda di Kantor Gubernur Papua, memperkenalkan sejumlah profesor yang menjadi dosen pada sejumlah universitas di Amerika. Di antaranya New York University dan Louisiana State University (LSU) ikut serta dalam kunjungannya tersebut.
 
"Mereka ini ada yang sampai 12 tahun di Amerika dan telah menjadi warga negara Amerika. Tetapi karena cintanya kepada Indonesia, para profesor mau membantu pendidikan di Papua," kata Luhut, Kamis, 11 Agustus 2016.  

Namun, niat baik para profesor tersebut tidak diterima baik pihak Universitas Cendrawasih (Uncen) Jayapura. Kedatangan mereka ditolak kampus hingga membuat Luhut kesal.

"Mereka kan hanya ingin membantu pendidikan di Papua, tak ada pesan politik apapun. Sekarang ini, kalau mau membantu, tanpa bayar dan datang jauh-jauh hampir 30 jam terbang Amerika ke Papua, lalu ditolak, Papua maunya apa? Mau ke mana kita ini?" kata Luhut kesal.

Ia meminta agar tokoh agama dan masyarakat di Papua untuk fokus membangun Papua dan tak ribut dengan masalah HAM. "Pemerintah Indonesia sudah bicara tentang masalah HAM Papua secara terbuka. Sudah ada tim terpadu HAM yang sedang menyelidiki pelanggaran HAM di Papua," ucap dia.

Perhatian pendidikan Pemerintah Indonesia untuk Papua tak hanya sampai di situ. Presiden Joko Widodo telah membuat beasiswa khusus yang diprioritaskan bagi Papua. Setiap tahunnya akan dikirim 20-30 orang asli Papua untuk sekolah ke perguruan tinggi terbaik, baik dalam dan luar negeri

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini