Sukses

Titik Macet Arus Lebaran Bergeser ke Jalur Selatan-Tengah

Kemacetan arus balik dari arah Jawa Tengah diprediksi mulai Sabtu.

Liputan6.com, Semarang - Perayaan Idul Fitri yang mendekati usai mengharuskan para pemudik kembali ke kota tempat mereka bekerja. Jika sebelumnya para urban ini terjebak macet di Pantura mulai Brebes hingga Slawi, kini beberapa titik di jalur mudik Jawa Tengah bagian selatan mulai terlihat macet.

Seperti terlihat di jalur tol Bawen. Pantauan Liputan6.com, mendekati gerbang tol hingga pertigaan pintu keluar volume kendaraan sangat padat.

Menurut Wakil Ketua Komisi D Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Jawa Tengah Hadi Santoso, kepadatan ini juga diwarnai pergerakan kendaraan lokal Jawa Tengah. Mereka saling bersilaturahmi ke sanak saudaranya.

"Padatnya arus lalu lintas membuat kendaraan harus berjalan merayap. Seperti di jalur Temanggung-Wonosobo," kata Hadi Santoso, Jumat (8/7/2016).

Sementara itu titik kemacetan lain yaitu jalur selatan jawa, khususnya di daerah Banyumas, serta jalur Salatiga-Suruh. Kemacetan terjadi sejak Pos Tingkir.

Beberapa lokasi yang lain terpantau lancar, meskipun lalu lintas ramai, di antaranya Posko Lingkar Selatan Logede Kebumen serta jalur Muntilan-Wates via Kalibawang ramai lancar. Selain itu, jalur alternatif Magelang Wonosobo melalui Salaman Sapuran juga lancar.

"Kemungkinan mulai Sabtu, arus balik mulai padat. Kepada para pemudik khususnya yang balik ke arah barat, diharapkan lebih mempersiapkan diri sebelum berangkat," kata Hadi.

Pertamina bahkan sudah meminta jalur khusus untuk truk tangki BBM di tol Pejagan-Brebes. Hal ini untuk mengantisipasi kondisi kelangkaan BBM sebagaimana yang terjadi saat arus mudik pada H-1 yang lalu.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini