Sukses

Penumpang Bandara Adisutjipto Yogyakarta Melonjak 4 Kali Lipat

Liputan6.com, Yogyakarta - General Affair and Communication Section Head PT AP I Bandara Internasional Adisutjipto, Edwin Wibowo mengatakan, jumlah penumpang antara H-3 sampai H+4 melonjak sampai empat kali lipat.

Pada hari biasa, jumlah penumpang datang dan pergi di Adisutjipto berkisar 6.000 orang, sementara pada libur Lebaran menjadi 24.000-26.000 orang per hari. Sampai saat ini, kondisi operasional bandara yang telah dipadati calon penumpang itu relatif lancar.

Edwin juga mengungkapkan, rute Jakarta-Yogyakarta mendominasi jadwal penerbangan karena secara umum rute tersebut yang paling padat.

"Persoalan yang dihadapi Adisutjipto saat ini adalah overload penumpang," tutur Edwin, Selasa (5/7/2016). Bandara seharusnya menampung 1,2 juta penumpang setiap tahun, akan tetapi pada 2015 lalu tercatat 5,8 juta penumpang.

Pasca-insiden bom di Mapolresta Solo, PT Angkasa Pura (AP) I memperketat pengamanan Bandara Adisutjipto Yogyakarta. Sejak pagi, sebanyak 18 personel keamanan yang dibantu personel dari TNI AU, Lanud Adisutjipto dan POM TNI AU berjaga-jaga di kawasan bandara.

"Terutama di sepanjang akses jalan menuju bandara dan lobi bandara," ujar Edwin.

Loading