Sukses

2 Hiu Paus Luka Parah Terdampar di Bali

Sudah sepekan terakhir ini dua ekor ikan hiu paus ditemukan terdampar di pesisir laut Nusa Penida, Bali.

Liputan6.com, Denpasar - Sudah sepekan terakhir ini dua ekor ikan hiu paus ditemukan terdampar di pesisir laut Nusa Penida, sebuah pulau yang terpisah dengan daratan Bali. Secara administratif wilayah ini masuk ke dalam Kabupaten Klungkung, Bali.

"Ikan hiu paus itu terdampar akibat mengalami luka parah diduga akibat terkena baling-baling kapal laut atau perahu motor yang melintas di jalur tersebut," kata Yudi Permana dari Balai Pengelolaan Sumber Daya Pesisir dan Laut (BPSPL) Denpasar, Bali, seperti dilansir Antara, Senin (4/7/2016).

Ia mengatakan, berdasarkan bentuk luka pada beberapa bagian ikan hiu paus, besar kemungkinan mereka terkena baling-baling mesin kapal laut.

Baca Juga

Tim verifikasi turun ke lapangan dan menggelar pertemuan dengan tokoh masyarakat dan pemangku kepentingan, termasuk komponen pariwisata di Nusa Penida. Pertemuan digelar untuk mengetahui kronologi peristiwa sekaligus upaya pencegahan agar kasus serupa tidak terulang kembali.

Kedua ekor ikan hiu paus mengalami luka masing-masing pada kepala bagian atas hiu, sirip dada belakang bagian kanan, ekor bagian atas terkelupas, dan satu luka mengeluarkan darah di daerah ekor.

Menurut Yudi, perlu ada pengaturan dan penanganan hukum untuk aktivitas di perairan laut Nusa Penida yang belakangan cukup ramai karena berkembangnya sektor pariwisata.

Selain itu para penyelam dan operator aktivitas selam harus mematuhi kode etik penyelaman, termasuk di dalamnya kode etik berinteraksi dengan fauna laut.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini