Sukses

Jabar Bangun Museum Nabi di Masjid Terapung

Pembangunan masjid tempat museum ditargetkan mulai Agustus mendatang.

Liputan6.com, Bandung - Pemerintah Provinsi Jawa Barat berencana membangun replika Museum Nabi Muhammad di lantai dasar masjid terapung di danau buatan Gedebage, Kota Bandung. Untuk itu, saat ini Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan dan Asda II Pemprov Jabar Deny Juanda Puramidaja tengah studi banding ke Mesir dan Arab Saudi.

"Tujuan ke Madinah dan Mekah untuk berkunjung ke museum, sekalian studi rinci tentang latar belakang, makna, dan pilihan strategi perwujudan museum," kata Asda II Pemprov Jabar Deny Juanda Puramidaja, dalam siaran persnya di Bandung, Senin, 6 Juni 2016.

Nantinya lantai masjid akan digunakan sebagai tempat ibadah. Adapun di lantai dasar untuk berbagai keperluan umat, termasuk museum.

Masjid berukuran total 99 x 99 meter. Dirancang dua lantai, masjid itu berkapasitas 30-50 ribu anggota jemaah. Masjid itu akan berada di areal seluas 21 hektare.

"Studi museum juga menjadi inspirasi dan rujukan dalam menyusun kerangka acuan kerja serta belajar model pemanfaatan museum," kata Deny.

Sementara itu Gubernur Jabar Ahmad Heryawan (Aher) pada sejumlah kesempatan mengatakan pembangunan masjid terapung di atas danau buatan di Gedebage, ditargetkan dimulai bersamaan dengan hari jadi Provinsi Jabar.

"Mudah-mudahan 19 Agustus," kata dia di Gedung Sate, Bandung, 28 Maret 2016, seperti dilansir Antara.

Dia sudah sudah memilihkan nama untuk masjid yakni Al-Jabbar. Menurut dia, salah satu asma Allah itu sengaja dipilih karena mirip dengan singkatan untuk Jawa Barat, juga ilmu matematika "aljabar". Konsep arsitektur masjid terapung itu dipilihkan oleh Wali Kota Bandung Ridwan Kamil menggunakan rumus matematika.

Pemerintah Provinsi Jabar membiayai pembebasan lahan dan pembangunan fisik masjid yang dirancang dibangun dalam dua tahun itu. Total anggarannya sekitar Rp 500 miliar.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini