Sukses

Lewat Jalur Joint, Sutradara Garin Nugroho Jadi Cawalkot Yogya

Garin kemudian memilih Rommy Heryanto sebagai wakilnya di pilkada 2017 nanti.

Liputan6.com, Yogyakarta - Setelah melalui masa pendaftaran, pra konvensi dan konvensi, akhirnya Jogja Independent (Joint) memilih Garin Nugroho dan Rommy Heryanto menjadi Bakal Calon (Balon) Walikota dan Wakil Wali Kota Yogyakarta untuk maju dalam Pilkada 2017.

Acara konvensi yang dihadiri 9 panelis, ketua RW seluruh kota Yogyakarta, ormas, masyarakat ini sepakat memilih Garin yang dikenal sebagai sutradara film sebagai calon yang paling layak untuk mewakili kubu independen.

Zaenal Arifin Mochtar salah satu panelis dan anggota tim 9 mengatakan, pihaknya tidak bisa mengatakan berapa jumlah nilai yang didapat Garin saat memenangkan konvensi ini.

"Tim 9 juga mempertimbangkan aspek kualitatif, selain aspek kuantitatif. Jadi secara konsep, prosedural dan sistem yang disepakati Joint dan panelis, calon walikota yang diusung adalah mas Garin Nugroho," kata Zaenal di JEC Minggu (17/4/2016).

Zaenal menjelaskan, acara konvensi ini meminta warga yang hadir juga ikut menilai peserta konvensi melalui formulir yang disediakan.

Ada 105 formulir yang dikembalikan, satu dibatalkan karena semua di coblos. Formulir yang dikembalikan lalu dibagi dua. Pertama yang levelnya diutamakan seperti ketua RW dan ormas lalu kedua warga diluar undangan yang hadir saat konvensi.

"Hasilnya ketua RW dan ormas 50 persen memilih Garin Nugroho dan warga di luar undangan 39 persen memilih Garin Nugroho. Dari wilayah panelis, saya tidak sebutkan nilainya ke mas Garin Nugroho," ujar Zaenal.

Zaenal juga menjelaskan, sesuai mekanisme yang disepakati, dari peserta konvensi yang terpilih diminta untuk memilih wakilnya dari peserta konvensi lainnya.

Garin kemudian diminta memilih sendiri wakilnya agar dapat bekerja sama dengan baik, dan akhirnya memilih Rommy Heryanto.

"Secara resmi kami mengumumkan kandidat yang akan di usung oleh Joint adalah mas Garin Nugroho dan Mas Rommy Heryanto," tandas Zaenal.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini