Sukses

Paus 16 Meter Terdampar di Pantai Hebohkan Warga Klungkung

Paus yang terdampar di Pantai Batu Tumpeng, Klungkung, Bali, itu berjenis Physeter macrochepalus.

Liputan6.com, Klungkung - Warga Klungkung gempar dengan terdamparnya paus sepajang 16,20 meter di pantai. Mamalia tersebut pertama kali ditemukan warga yang hendak beraktivitas di kawasan Pantai Batu Tumpeng, Klungkung, Bali.

"Ditemukan nelayan sekitar dini hari sekitar jam 04.00 Wita. Paus ini sudah terdampar dalam keadaan tewas," kata Kepala BPBD Klungkung, Putu Widiada, Senin (14/3/2016).

Paus tersebut berjenis Physeter macrochepalus atau paus kepala kotak. Ratusan warga sejak pagi berduyun-duyun untuk bisa melihat langsung dari dekat hewan laut dengan berat diperkirakan mencapai 15 ton ini.

Paus 16 meter terdampar di pantai hebohkan warga Klungkung. (Yudha Maruta/Liputan6.com)

"Saat ini pihaknya masih menjaga di sekitar bangkai paus untuk mencegah aksi warga memotong, mengambil dagingnya," ungkap Putu.

BPBD Klungkung, sambung dia, saat ini terus berkoordinasi dengan pihak terkait, termasuk Dinas PU untuk proses evakuasi mamalia raksasa tersebut. "Kita berupaya agar paus ini dapat kita kubur utuh dan tidak dipotong-potong oleh masyarakat sekitar," Putu memungkas.

Peristiwa terdamparnya paus di pantai itu bukan yang pertama kali. Sebelumnya, seekor paus  pernah terdampar di lokasi yang sama 2 tahun lalu.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini