Sukses

Ini Rute Pengalihan Lalu Lintas Tugu Jogja Saat Gerhana

Liputan6.com, Yogyakarta - Masyarakat Yogyakarta yang biasanya melintas di simpang empat Tugu, sebaiknya mengambil jalur lain pada Rabu 9 Maret 2016. Sebab saat proses gerhana matahari terjadi, arus lalu lintas di Tugu Jogja akan ditutup.

Kapolresta Yogyakarta Prihartono Eling Lelakon mengatakan, di Tugu Jogja akan ada acara nonton bareng gerhana matahari yang diselenggarakan Pemerintah Kota Yogyakarta dan BMKG. Polisi telah menggelar rapat dengan Pemkot Yogyakarta dan hasilnya akan ada ruas jalan yang ditutup dan dialihkan.

"Kawasan tersebut akan ditutup selama 3 jam, mulai jam 6 pagi sampai jam 9, kawasan Tugu Yogya dipergunakan nonton bareng gerhana matahari total," ujar Prihartono di Yogyakarta, Selasa (8/3/2016).

Eling mengatakan, penutupan jalan dilakukan di simpang tiga jalan Pakuningratan di sisi utara Tugu. Sementara dari arah barat ditutup sejak simpang tiga jalan Bumijo.

Sementara di sebelah timur ditutup mulai dari jembatan Gondolayu. Pengalihan arus akan dilakukan di beberapa titik agar arus lalu lintas tidak macet saat nonton bareng gerhana matahari.

Pengalihan arus akan dilakukan mulai dari jalur penghubung, seperti dari arah timur, mulai Jembatan Gondolayu sudah dialihkan ke selatan menuju Jalan Ahmad Jazuli. Kemudian yang dari utara, sudah ditutup dari simpang tiga Jalan Pakuningratan, sedangkan dari arah barat, ditutup dari simpang tiga Jalan Bumijo.

"Pengalihan arus akan dilakukan mulai dari Jembatan Gondolayu yang dialihkan ke selatan menuju Jalan Ahmad Jazuli," jelas Prihartono.

Dia mengatakan penutupan jalur lalu lintas di Tugu akan disesuaikan dengan kondisi di lapangan. Ia memprediksi ruas ruas jalan yang ditutup itu akan mengalami peningkatan lalu lintas.

"Arus lalu lintas yang menuju ke kota akan dilakukan rekayasa lantas. Arusnya bisa lancar. Dengan sistem buka tutup," Eling menandaskan.

 

*** Saksikan Live Gerhana Matahari Total, Rabu 9 Maret 2016 di Liputan6.com, SCTV, dan Indosiar pukul 06.00-09.00 WIB. Klik di sini.