Sukses

Toilet Sekolah di Yogyakarta Bakal Seperti Kamar Kecil Hotel

Rencana pembangunan toilet dan kamar mandi standar hotel akan dilaksankan pada tahun ini.

Liputan6.com, Yogyakarta - Toilet sekolah negeri di Yogyakarta menjadi perhatian Pemerintah Kota setempat. Kamar kecil yang nantinya digunakan oleh murid-murid sekolah itu bakal segera disulap layaknya toilet hotel.

Kepala Dinas Pendidikan Kota Yogyakarta, Edy Heri Suasana mengatakan, toilet sekelas hotel ini hanya akan ada di sekolah negeri di Kota Yogya.

Toilet dengan fasilitas hotel di sekolah ini bukan untuk sebuah kemewahan. Hal ini demi mendukung program Perilaku Hidup Bersih Sehat di sekolah.

"Harapannya dengan kamar mandi dan toilet yang standar hotel ini maka kesehatan siswa akan terjamin. Lalu dengan tanpa bak mandi, maka akan mengurangi jentik nyamuk," kata Edy di Yogyakarta, Kamis (03/03/2016).

Menurut Edy, rencana pembangunan toilet dan kamar mandi berstandar hotel akan dilaksankan pada tahun ini. Rencananya pilot project akan dilakukan di 10 sekolah negeri di Jogja mulai SD hingga SMA.

 



Edy menjelaskan, perubahan toilet ala hotel ini akan terlihat mulai dari lantai hingga wastafelnya. Tata letak perabotan dan desain akan mengikuti standar hotel berbintang, seperti toilet kering dan basah. Toilet kering nantinya tidak ada bak air, namun akan menggunakan shower.

"Lantai jelas keramik, Nantinya juga akan ada toilet duduk, ini juga akan membantu bagi penyandang disabilitas," ucap Edy.

Edy juga menambahkan, perubahan yang dilakukan juga akan membawa unsur khas Yogyakarta di ruang-ruang sekolah. Hal ini untuk mencerminkan identitas kota pelajar ini, sehingga berbeda dengan sekolah-sekolah di daerah lain.

"Kalau warna khas Yogya itu kan dominan hijau gadung, lalu ada kombinasi kuning dan merah seperti yang ada di keraton," tandas Edy.

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.