Sukses

Mahasiswa Teknik UGM Kunjungi 'Iron Man' Bali

I Wayan Sumardana, 'Iron Man' dari Karangasem Bali, berbagi kisah hidup dengan para mahasiswa UGM.

Liputan6.com, Karangasem - Fenomena I Wayan Sumardana dari Karangasem, Bali, yang menggunakan tangan robot menarik perhatian warga Bali dan sekitarnya. Mereka pun ramai-ramai mendatangi rumah sekaligus bengkel Sumardana di Desa Nyuh Tebel, Kecamatan Manggis, Kabupaten Karangasem.  

Di bengkel Sumardana, banyak warga yang sekedar mengabadikan manusia robot dari Karangasem tersebut. Tak sedikit pula mereka yang belajar cara perakitan tangan robot milik Sumardana.

Salah satunya adalah Afwan Kurniawan, mahasiswa D3 Teknik Elektro Universitas Gajah Mada (UGM) Yogyakarta. Ia sengaja menyempatkan waktu datang ke bengkel Sumardana untuk melihat dari dekat tangan robotnya.


"Saya lagi liburan dekat sini. Saya terinsipirasi dari karya Pak Wayan yang inovatif. Ini selaras dengan jurusan saya, teknik elektro. Insya Allah, bermanfaat bagi saya," kata Afwan kepada Liputan6.com di bengkel Sumardana, Kamis, 21 Januari 2016.

Ia mengaku tertarik melihat dari dekat kreasi Sumardana yang dianggapnya brilian. "Pengamatan saya, dalam prinsip engineer, melakukan sesuatu dalam keterbatasan menjadi dampak besar tentu itu merupakan inovasi, kreatif dan progresif," ucap dia.

Lelaki yang akrab disapa Tawan itu pun berbagi ilmu yang dimilikinya. Ia tak segan menceritakan cara kerja robot tangannya kepada warga yang bertanya. Ia pun berbagi pengalaman mengenai penyakit dan cara bertahan hidup.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini