Sukses

Alasan Erupsi Soputan, Bandara Manado Ditutup

Berdasarkan informasi yang dihimpun, ada 4 penerbangan yang dibatalkan, terdiri dari 3 maskapai Lion Air dan 1 Garuda.

Liputan6.com, Manado - Bandar Udara Sam Ratulangi (Samrat) Manado, Kamis malam ditutup, dan akan dibuka kembali Jumat 15 januari 2016 pagi pukul 07.00 Wita. Akibatnya, 4 penerbangan menuju Manado terpaksa dibatalkan.

"Kami dalam penerbangan dari Denpasar ke Manado, transit di Makassar. Ternyata di Bandara Hasanuddin Makassar ini ada informasi bahwa penerbangan di Manado ditunda. Karena Bandara Samrat ditutup akibat erupsi Soputan," ujar Fidel Malumbot, penumpang Lion Air yang masih tertahan di Bandara Hasanudin Makassar, Kamis (14/1/2016).

Dia mengatakan belum ada pemberitahuan lanjutan kapan penerbangan ke Manado akan dilakukan. Untuk sementara mereka memilih bertahan di Bandara Hasanuddin.

Sementara, Humas Angkasa Pura Ilham saat dihubungi membenarkan adanya penutupan Bandara Samrat Manado. "Iya betul, ada penutupan Bandara Sam Ratulangi Manado."


"Tapi untuk konfirmasi lebih lanjut bisa menghubungi pihak Otoritas Bandara, karena yang menutup bukan dari Angkasa Pura," sambung Ilham.

Berdasarkan informasi yang dihimpun, ada 4 penerbangan yang dibatalkan, terdiri dari 3 maskapai Lion Air dan 1 Garuda.   

Secara terpisah, Kepala Pemantau Gunung Soputan Asep saat dihubungi Kamis malam membantah terjadi erupsi Gunung Soputan.

"Siapa yang bilang ada erupsi, sampai saat ini tidak ada erupsi Gunung Soputan," tegas Asep sambil menambahkan, memang ada debu di udara wilayah Sulawesi Utara tapi bukan berasal dari Soputan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini