Sukses

46 Warga di Bali Positif Digigit Anjing Rabies

Ditemukan 46 warga yang positif digigit anjing rabies. Dengan itu, dibutuhkan sebanyak 184 ampul Vaksin Anti-Rabies.

Liputan6.com, Denpasar - Komisi I DPRD Bali, Ni Made Sumiati, melakukan aksi peninjauan langsung di 8 Kecamatan di Karangasem terkait banyaknya warga yang digigit anjing. Wakil rakyat dari dapil 7 Kabupaten Karangasem tersebut, melakukan koordinasi dengan Dinas Kesehatan Kabupaten Karangasem, Rumah Sakit Amlapura dan beberapa Puskesmas untuk langkah lanjutan.

"Ditemukan 46 warga yang positif digigit anjing rabies. Dengan itu, dibutuhkan sebanyak 184 ampul VAR (Vaksin Anti-Rabies) dengan data terlampir," kata Sumiati di DPRD Bali, Rabu (5/8/2015).

Dari banyaknya warga yang terkena rabies akibat gigitan anjing, Sumiati menyayangkan VAR yang sulit ditemukan di rumah sakit dan instalasi terkait lainnya di Kabupaten Karangasem.

"Saya sebagai wakil rakyat dari Karangasem memohon bantuan yang sifatnya siaga, segera dan cepat kepada bapak gubernur Bali berupa VAR," pintanya.

Pada kesempatan itu, Sumiati meminta agar Pemprov Bali melakukan koordinasi dengan dinas kesehatan kabupaten/kota soal stok VAR.

"Di Karangasem kosong total, sementara di Bangli dan Denpasar stok mereka ada terus. Saya meminta agar pemprov koordinasi dengan Dinkes kabupaten/kota," tutup Sumiati. (Ron/Mut)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Rabies atau penyakit anjing gila adalah penyakit infeksi virus yang disebarkan oleh gigitan atau cakaran hewan yang terinfeksi.

    Rabies

  • Bali

Video Terkini