Sukses

10 Keutamaan Sholat Tarawih di Bulan Ramadhan, Sempurnakan Ibadah Wajib

Liputan6.com, Jakarta Memahami keutamaan sholat tarawih di bulan Ramadhan adalah pertimbangan utama menunaikannya. Sholat tarawih merupakan ibadah sunnah yang hanya bisa dilaksanakan di bulan Ramadhan saja. Hukum sholat tarawih adalah sunnah muakkad, sangat dianjurkan.

Ada banyak sekali keutamaan sholat tarawih di bulan Ramadhan yang mendatangkan berkah bagi kehidupan. Umat muslim yang melaksanakannya akan mendapat pengampunan dosa dan dilapangkan rezekinya. Berpahala 27 derajat, melengkapi kekurangan ibadah wajib, dianggap seperti sholat semalam penuh, sehatkan mental, dan tubuh.

Dari sekian banyak keutamaan sholat tarawih di bulan Ramadhan, tak ada niat khusus yang harus dilafalkan. Jumhur ulama Imam Ahmad, Imam Malik, dan Imam Abu Hanifah mengatakan tidak ada lafal khusus untuk niat sholat tarawih. Niat berasal langsung dari hati, tanpa mengatakan pun sudah memiliki makna sesuai dengan apa yang akan dilakukannya.

Berikut Liputan6.com ulas keutamaan sholat tarawih di bulan Ramadhan dari berbagai sumber, Jumat (9/4/2021).

 
2 dari 6 halaman

Keutamaan Salat Tarawih di Bulan Ramadan

Diampuni Dosanya

Keutamaan salat tarawih di bulan Ramadan adalah mendapat pengampunan dosa. Selain menggugurkan dosa, salat tarawih di bulan Ramadan akan dijamin pahala yang melimpah. Keutamaan salat tarawih di bulan Ramadan ini sesuai dengan hadis Nabi SAW yang diriwayatkan dari Abu Hurairah di bawah ini.

Rasulullah SAW bersabda yang artinya: “Barangsiapa melakukan qiyam Ramadhan (sholat tarawih) karena iman dan mencari pahala, maka dosa-dosanya yang telah lalu akan diampuni.” (HR. Bukhari dan Muslim)

Pengampunan dosa sebagai keutamaan salat tarawih di bulan Ramadan dalam hadits tersebut adalah mencakup dosa besar dan dosa kecil berdasarkan tekstual hadis. Ada pula pendapat lain yang mengatakan, pengampunan dosa adalah khusus untuk dosa kecil.

Berpahala Salat Berjemaah

Melaksanakan salat tarawih lebih berpahala bila dilaksanakan berjemaah. Hal ini yang menjadikan keutamaan salat tarawih di bulan Ramadan berpahala salat berjemaah. Salat tarawih adalah sunnah, boleh dikerjakan sendiri dan boleh berjamaah.

Jika dilakukan berjemaah, maka selain mendapat pahala salat tarawih, niscaya akan dijamin mendapat pahala salat berjemaah sebanyak 27 derajat. Seperti hadits keutamaan salat tarawih di bulan Ramadan dari Rasulullah SAW di bawah ini.

Nabi Muhammad SAW bersabda: “Salat berjemaah lebih utama dibandingkan salat sendirian dengan dua puluh tujuh derajat.” (HR. Bukhari)

3 dari 6 halaman

Keutamaan Salat Tarawih di Bulan Ramadan

Melapangkan Rezeki

Keutamaan salat tarawih di bulan Ramadan akan melapangkan rezeki pelakunya. Terutama bila salat sunnah yang dilakukan di secara berjemaah. Saat berjemaah di masjid atau mushala, bertemu dengan sanak saudara dan tetangga pasti akan terjadi.

Niscaya ini bisa memperkuat tali silaturahmi dan ukhuwah Islamiyah. Silaturahmi yang selalu terjaga dengan baik, sabda dari Rasulullah SAW adalah akan melapangkan rezeki umat manusia.

Rasulullah SAW bersabda:

“Seorang yang menyambung silaturahmi bukanlah seorang yang membalas kebaikan seseorang dengan kebaikan semisal. Akan tetapi seorang yang menyambung silaturahmi adalah orang yang berusaha kembali menyambung silaturahmi setelah sebelumnya diputuskan oleh pihak lain.” (HR. Bukhari)

Bersilaturahmi pun akan mendatangkan kecukupan rezeki sebagaimana sabda dari Rasulullah SAW.

"Siapa saja yang ingin diluaskan rizkinya dan dipanjangkan pengaruhnya, maka sambunglah tali persaudaraan." (HR. Al-Bukhari dan Muslim)

Memakmurkan Masjid

Keutamaan salat tarawih di bulan Ramadan adalah dapat memakmurkan masjid bila dilaksanakan di sana. Rumah Allah SWT yang selalu didatangi akan mendapat kemakmuran, rasa cinta kepada masjid pun bisa semakin dirasakan dan tertanam.

Salat tarawih di masjid akan membuat orang-orang yang menjalankannya menjadi lebih tenang hatinya. Selain itu keutamaan salat tarawih di bulan Ramadan memiliki alasan untuk sering mengunjungi masjid pada bulan Ramadan.

4 dari 6 halaman

Keutamaan Salat Tarawih di Bulan Ramadan

Berpahala Salat Semalam Penuh

Salat tarawih dianjurkan untuk dilakukan berjemaah meskipun dilaksanakan di rumah. Keutamaan salat tarawih di bulan Ramadan ini akan mendatangkan pahala seperti salat semalam penuh.

Sesuai dengan hadits Nabi Muhammad SAW yang artinya:

Rasulullah SAW bersabda, “Siapa yang salat bersama imam sampai selesai, maka ditulis untuknya pahala qiyam satu malam penuh.”

Jika salat tarawih dilaksanakan di rumah, maka alangkah baiknya dilakukan berjemaah dengan keluarga untuk mendapatkan keutamaan tersebut. Ketentraman pun akan semakin bisa dirasakan.

Berkah di Bulan Ramadan

Mendapatkan berkah melimpah adalah keutamaan salat tarawih di bulan Ramadan. Salat tarawih berjemaah akan menambah suasana bahagia di bulan Ramadan. Sehingga membuat bulan Ramadan berbeda dengan bulan-bulan lainnya.

Keberkahan dari salat tarawih inipun bisa membuat tubuh sehat dan meningkatkan stamina di saat bulan Ramadan. Sebab, pada saat melaksanakan salat tarawih, tubuh melakukan gerakan-gerakan salat yang bermanfaat untuk olahraga.

5 dari 6 halaman

Keutamaan Salat Tarawih di Bulan Ramadan

Sarana Menimba Ilmu

Ketika melaksanakan salat tarawih di masjid, umat yang melaksanakan pasti akan mendapat banyak ilmu. Pasalnya, sebelum salat tarawih akan selalu ada ceramah atau kultum. Inilah keutamaan salat tarawih di bulan Ramadan.

Ketika menunaikan salat tarawih di rumah, alangkah baiknya bila bisa menambah ilmu dengan membaca Al-Qur’an beserta artinya. Mulai pahami, resapi, dan amalkan maknanya dengan baik.

Ketika seseorang memfokuskan diri pada ibadah, maka yang didapatkan adalah ketenangan. Di mana orang akan menjadi pribadi yang baik dan penyabar. Selama bulan Ramadan, sabar sangat dibutuhkan agar puasa yang dijalankan diterima oleh Allah SWT.

Menyelamatkan Kekurangan Ibadah Wajib

Ibadah sunnah seperti salat tarawih akan membantu menyelamatkan seseorang kelak dari kecacatan ibadah wajibnya yang tak sengaja atau telah dilalaikannya. Inilah keutamaan salat tarawih di bulan Ramadan.

Diriwayatkan dalam hadits at-Tirmidzi dari Abu Hurairah radhiyallahu anhu, Rasulullah shallallahu alaihi wasallam bersabda:

"Sesungguhnya amal seorang hamba yang pertama kali dihisab adalah sholatnya. Jika sholatnya bagus maka dia beruntung dan selamat. Namun jika sholatnya buruk maka dia sengsara dan merugi. Jika ada kekurangan dari sholat fardhunya mempunyai pahala sholat sunnah untuk melengkapi kekurangan sholat fardhu? Kemudian seluruh amalnya seperti itu".

6 dari 6 halaman

Keutamaan Salat Tarawih di Bulan Ramadan

Menyehatkan Mental

Olahraga bisa meningkatkan perilaku, suasana hati, dan pikiran. Olahraga mampu meningkatkan kualitas hidup, memicu meningkatnya energi, mengurangi kecemasan, depresi, dan membuat dampak positif pada suasana hati.

Keutamaan salat tarawih di bulan Ramadan dapat menyehatkan mental, menjaga kebugaran jasmani dan rohani dengan baik. Hal ini pun dapat meningkatkan memori, terutama orang dewasa dengan pengulangan ayat-ayat dari Al-Qur’an untuk menyaring pikiran yang masuk.

Menyehatkan Tubuh

Gerakan naik turun yang lembut saat salat tarawih, termasuk sujud dan rukuk, dilakukan sambil berdoa dapat meningkatkan kesehatan disik dan emosional. Keutamaan salat tarawih di bulan Ramadan pun dapay meningkatkan umur panjang bagi yang menjalankannya.

Telah dilaporkan bahwa orang yang berpuasa sepanjang hari dan kemudian melakukan salat tarawih di malam hari akan merasa lebih kuat. Seiring bertambahnya usia, latihan fisik mungkin akan berkurang yang mengakibatkan pengeroposan pada tulang.

Gerakan berulang selama salat tarawih meningkatkan fleksibilitas sendiri, kekuatan otot, dan kekuatan tendon. Gerakan teratur selama salat tarawih adalah bentuk olahraga, ini dapat membantu membakar kalori. Makan seimbang saat sahur dan berbuka di sertai dengan salat tarawih dapat membantu seseorang mengurangi berat badan yang berlebihan.