Sukses

Tips Sederhana Agar Bisa Kembali Menabung Usai Lebaran

Liputan6.com, Jakarta - Momen Lebaran biasanya masyarakat cenderung mengeluarkan uang dalam jumlah besar untuk kebutuhan saat hari raya. Meski demikian, orang juga kerap bingung karena keuangannya menipis sesudahnya.

Namunm, jika Anda perlu menyimpan lebih banyak uang daripada yang dapat Anda simpan dengan mudah dari gaji Anda.

Berikut adalah beberapa ide yang bisa Anda terapkan dalam mengatur keuangan Anda pasca Lebaran, dilansir dari laman Investopedia.com, Sabtu (29/5/2020).

1. Tangani Pengeluaran Anda

Untuk jangka waktu tertentu satu minggu, satu bulan, atau apa pun yang Anda bisa tahan cobalah untuk mencatat segala sesuatu yang Anda habiskan. Anda dapat menggunakan buku catatan sekolah lama atau aplikasi pelacakan pengeluaran.

Orang sering mendapati mereka membuang-buang dana untuk hal-hal yang tidak mereka butuhkan, dan dapat dengan mudah hidup tanpanya. Beberapa aplikasi bahkan akan melakukan sedikit penghematan untuk Anda.

2 dari 3 halaman

2. Ambil Kembalian

Selama Anda membeli barang yang benar-benar Anda butuhkan, mungkin masuk akal untuk mendaftar sebagai member dalam satu aplikasi belanja atau lainnya, yang menawarkan pengembalian uang tunai atau cashback dari penjual untuk bahan makanan, pakaian, perlengkapan kecantikan, dan barang-barang lainnya.

Mungkin Anda dapat menggunakan kartu kredit cash-rewards, yang menawarkan 1 persen hingga 6 persen tunai pada setiap transaksi. Tentu saja, taktik ini hanya berfungsi jika Anda mentransfer tabungan Anda ke rekening tabungan dan selalu membayar tagihan kartu kredit Anda secara penuh setiap bulan.

3. Fokus pada Pengeluaran Besar

Memotong pengluaran  jangan sekaligus, tetapi Anda akan menghemat uang paling banyak dengan memotong kembali tagihan terbesar dalam hidup Anda. Bagi kebanyakan dari kita, hal-hal seperti perumahan, asuransi, dan biaya perjalanan.

Jika Anda memiliki hipotek, usahakan agar Anda menabung dengan pembiayaan kembali dengan bunga yang lebih rendah.

3 dari 3 halaman

4. Jangan Keluarkan Uang Berlebihan

Anda mungkin ingin makan lebih jarang, mencoba menahan diri tidak berbelanja baju dan tetap menggunakan beberapa pakaian lagi dari lemari pakaian Anda, atau mengendarai mobil tua selama satu tahun lagi.

Tapi kecuali Anda menikmati hidup seperti orang kikir, dan beberapa orang benar-benar melakukannya, jangan menyangkal diri sendiri setiap kesenangan terakhir dalam hidup. Tujuan dari menabung adalah untuk membangun masa depan yang aman secara finansial bukan untuk membuat diri Anda sengsara saat itu juga.

Melainkan aturlah keuangan Anda secara adil dan jangan memotong banyak pengeluaran sekaligus, karena Anda masih butuh uang untuk memenuhi kebutuhan Anda.