Sukses

Quraish Shihab: Jangan Marah Jika Dicela Orang Lain

Jika selama ini sudah berusaha melaksanakan tuntunan Allah, sehingga wajar menduga Allah mengetahui kebaikan kita, maka bersyukurlah.

Liputan6.com, Jakarta - Quraish Shihab mengatakan, ada orang bijak berkata, "Jika Anda tidak mendapat tempat di hati manusia atau justru mendapat celaan dari mereka, maka kembalikanlah kepada Allah dan pengetahuannya."

Quraish menjelaskan, jika selama ini sudah berusaha melaksanakan tuntunan Allah, sehingga wajar menduga Allah mengetahui kebaikan kita, maka bersyukurlah.

"Jangan hiraukan celaan mereka," ucap Quraish.

Akan tetapi, lanjut dia, jika kita menduga bahwa Allah menilai kita serupa dengan celaan mereka, maka ketika itu petaka yang menimpa akan jauh lebih besar dari celaan manusia kepada kita.

"Ketika itu, berterima kasihlah kepada orang yang mencela, karena itu merupakan jalan untuk melakukan introspeksi dan memperbaiki diri agar jadi semakin baik," tandas Quraish Shihab.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.