Sukses

Tetap Bugar Saat Berpuasa, Ini Tips dari Eks Pemain Liga Inggris

Menurut mantan pemain Liga Inggris, Nathan Ellington, menu makanan saat sahur dan berbuka sangat penting saat menjalani puasa Ramadan.

Liputan6.com, London - Kompetisi Liga Inggris 2018-19 telah berakhir pada 12 Mei lalu. Namun, masih ada beberapa klub Liga Inggris yang masih akan tampil di kompetisi Eropa.

Di Liga Europa, dua klub Liga Inggris, Chelsea dan Arsenal akan bertemu pada partai puncak. Sementara final Liga Champions bakal mempertemukan Liverpool dengan Tottenham Hotspur.

Dari keempat klub Liga Inggris itu, ada beberapa pemain muslim. Seperti Sadio Mane dan Mohammed Salah di Liverpool. Mesut Ozil dan Shkodran Mustafi di Arsenal.

Bermain di bulan Ramadan, para pemain musim ini banyak menyiasati dalam menjalankan ibadah puasa. Ini agar puasa mereka berjalan lancar.

Namun, hal itu tentu tidak mudah. Kondisi tubuh tentu tidak akan sebugar biasanya sata tengah menjalankan. Sementara para pesepak bola mesti selalu bugar, bukan hanya ketika bertanding, tapi juga saat berlatih.

Eks pemain Liga Inggris, Nathan Ellington, mengaku punya cara agar tetap tampil maksimal di lapangan meski tengah berpuasa. Kurma dan Susu

 

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Menu Berbuka

Menurut mantan pemain West Bromwich Albion, makanan sangat penting bagi para pesepak bola saat berpuasa. "Saat matahari terbenam (berbuka puasa) saya langsung membatalkan puasa dengan kurma dan susu atau air putih," ucap Ellington seperti dilansir Four Four Two.

"Saya kemudian akan makan besar, baik saat di rumah atau di masjid. Biasanya saya makan nasi dengan daging kambing, tapi juga bisa dengan apa pun yang terbuat dari ayam, daging sapi, atau daging kambing dengan nasi atau pasta."

"Saya berupaya rutin makan buah-buahan pada malam hari. Yang lucu adalah ketika berpuasa siang hari, saya merasa mampu makan kuda, namun ketika berbuka, saya merasa kenyang usai makan setengah piring," katanya.

 

 

3 dari 3 halaman

Makan Sahur

Untuk sahur, Ellington juga memiliki tips agar energi cukup saat menjalani kegiatan. Menurut dia, makanan sahur juga sangat memengaruhi untuk maksimal saat berpuasa.

"Salat subuh biasanya dilakukan sebelum matahari terbit: biasanya jam empat pagi, jadi saya bangun jam tiga pagi lalu makan semangkuk bubur dan pisang iris. Keduanya merupakan sumber karbohidrat dan memberikan saya energi yang pelepasannya dilakukan secara perlahan," papar Ellington.

"Keduanya juga memberikan saya tenaga yang saya butuhkan untuk latihan atau untuk menjalani pertandingan."

Ellington juga menyarankan banyak minum untuk para pesepak bola agar terhindar dari dehidrasi. "Usai berbuka puasa dan sahur, saya minum tiga hingga empat liter air putih. Saya minum dua liter air putih pertama seperti minum sekaleng kola," jelas Ellington.

"Hal ini dapat membantu perut Anda terasa penuh. Jika Anda dehidrasi performa Anda akan menurun. Tubuh Anda akan cepat lelah dan itu mempengaruhi konsentrasi Anda," tutup pendiri Association of Muslim Footballers ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Liga Inggris atau lebih dikenal dengan Liga Primer Inggris merupakan kompetisi utama di Inggris yang diikuti 20 tim untuk mendapatkan gelar

    Liga Inggris

  • Ramadan adalah bulan suci umat Islam yang dirayakan dengan cara melaksanakan puasa selama satu bulan penuh.
    Ramadan adalah bulan suci umat Islam yang dirayakan dengan cara melaksanakan puasa selama satu bulan penuh.

    Ramadan

  • Ramadan 2019

Video Terkini