Sukses

Jangan Lupa Perhatikan Kondisi Ban Selama Perjalanan Mudik

Beragam persiapan terkait performa kendaraan harus diperhatikan agar nyaman dan aman saat perjalanan mudik mendatang.

Liputan6.com, Jakarta - Beragam persiapan terkait performa kendaraan harus diperhatikan agar nyaman dan aman saat perjalanan mudik mendatang.

Akan menempuh perjalanan hingga ratusan kilometer, beberapa komponen penting pada mobil wajib dijaga, salah satunya ban. Sebelum melakukan perjalan mudik pemilik kendaran wajib memeriksa lebih dulu kondisi ban.

Terkait hal itu, National Sales Manager PT Hankook Tire Indonesia, Apriyanto Yuwono mengatakan, ada dua hal yang perlu diperhatikan pengendara agar ban mampu bekerja secara optimal saat mudik.

Hal pertama yang wajib diperhatikan ialah tekanan angin pada ban. Pastikan tekanan angin pada ban sesuai dengan standar yang sudah ditetapkan pada kendaraan yang digunakan.

"Memang nyawa ban itu ada pada tekanan anginnya, tekanan angin harus standar, standar dari kendaraannya itu sendiri pasti ada, ada rekomendasi dari pabrik," katanya di Jakarta, Selasa (14/5) malam.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Gaya Berkendara

Hal berikutnya yang perlu diperhatikan ialah gaya berkendara. Pengemudi dihimbau untuk tetap waspada dan dalam kondisi prima. Usahakan menghindari jalan-jalan rusak. Jika harus melewati jalan rusak, sebaiknya gunakan kecepatan rendah.

"Jangan lupakan juga cara mengemudi harus konstan, karena itu juga berpengaruh kepada konsumsi bahan bakar," ujar Apriyanto.

Setelah tiba di kampung halaman, pengendara juga wajib mengecek kembali tekanan angin ban agar kondisinya tetap prima dan terjaga.

"Tetap ada pengecekan angin seminggu atau dua minggu sekali, karena memang ban itu kan terbuat dari karet, pasti ada celah-celah kecil yang bisa membuat angin keluar," tutur Apriyanto.

 

 

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.