Sukses

Aplikasi SAFAR-e, Pengganti Tour Guide Saat Haji dan Umroh

Liputan6.com, Jakarta - Mayoritas travel umroh dan haji menggunakan tour guide system untuk menyebarkan pesan kepada seluruh jamaah. Jangkauan jarak yang pendek, yakni 50 meter dan harga alat yang mahal (Rp 25 juta) membuat alat ini menjadi kurang efisien.

Berangkat dari keterbatasan tersebut, PT Sahabat Pariwisata Internasional mengembangkan layanan SAFAR-e. CEO SAFAR-e Haadiy Fatahillah menyatakan, cukup dengan mendownload aplikasi dari Play Store, para agen travel bisa langsung menjajal fitur-fitur layaknya tour guide system.

“Era internet saat ini sudah memungkinkan travel umroh dan haji untuk memberikan pelayanan dan bimbingan yang jauh lebih baik. Dengan berbagai fitur dan kemudahannya, SAFAR-e bukan hanya teknologi komunikasi, tapi sudah menjadi teknologi penghubung hati,” ujarnya dalam keterangan resmi yang diterima Tekno Liputan6.com, Rabu (15/5/2019).

Fitur-fitur SAFAR-e termasuk pengumuman, panduan, peta, obrolan, hotspot dan menu khusus bagi ustad yang memandu. Fitur pengumuman menjadi fitur paling sering digunakan karena dapat memudahkan ustad pemandu dalam memberitahu jadwal, mengingatkan acara, membangunkan tahajjud dan lain sebagainya.

Sementara soal antarmuka pengguna, Haadiy mengklaim meski sasaran dan target adalah orang tua yang belum paham teknologi, SAFAR-e bakal tetap mudah digunakan.

"Setelah instalasi aplikasi ke smartphone, jamaah tidak perlu diarahkan untuk melakukan apapun, cukup merespon ke pop-up yang muncul di layar," ungkapnya.

2 dari 3 halaman

3 Aplikasi Alarm Terbaik untuk Bantu Kamu Bangun Sahur

Di luar dari aplikasi tersebut, berikut beberapa alternatif aplikasi alarm di Android dan iOS yang punya tingkat kesulitan dan efisiensi tertentu agar membangunkan tidur kamu untuk sahur.

Apa saja? Berikut daftarnya sebagaimana dikutip Techwise.

1. Alarmy

Alarmy (Sleep If U Can) Alarm Clock merupakan salah satu aplikasi alarm yang tersedia di Google Play Store dan Apple Store.

Alarm ini tak hanya berfungsi sebagai alarm, tetapi juga dapat memunculkan cuaca dan berita.

Terlepas dari fitur tersebut, fungsi alarm ini sangat unik. Untuk mematikan alarm, ada tiga pilihan cara yang bisa dikerjakan.

Cara pertama yaitu menggunakan foto. Pengguna hanya perlu mendaftarkan foto atau objek yang digunakan untuk mematikan alarm.

Kedua, menggunakan goyangan. Ketika alarm berdering, kamu hanya perlu menggoyangkan smartphone selama lima puluh kali agar alarm itu mati.

Ketiga, kamu bisa mematikan alarm dengan soal matematika. Bagaimana, cukup menantang bukan?

3 dari 3 halaman

2. Wakie Community

Wakie mungkin bisa dianggap sebagai aplikasi yang aneh. Namun percayalah, aplikasi ini dijamin bakal membangunkanmu dengan total.

Aplikasi akan mengajak pengguna berbincang dengan orang yang tak dikenal. Buat pertemanan, Walkie akan membangunkanmu ketika setelan waktu yang kamu tentukan.

Ya, kamu akan ditelepon oleh orang yang tak dikenal. Namun, jangan khawatir, seandainya cara itu dianggap aneh, kamu bisa menyetel panggilan dengan yang terhubung dengan robot milik Wakie.

3. Walk Me Up

Alarm ini juga dijamin bakal membuat kamu bangun. Bagaimana tidak, untuk mematikannya, kamu harus berjalan beberapa langkah.

Kamu dapat menyetel berapa langkah yang dibutuhkan agar alarm kamu mati.

Reporter: Maulana Kautsar

Sumber: Dream.co.id

(Tik/Isk)

Loading
Artikel Selanjutnya
Unik, Start Up Ini Pakai Robot buat Cabut Rumput Liar dan Gembalakan Sapi
Artikel Selanjutnya
Solusi Menepis Ancaman Pasar Online untuk Produk Kerajinan Tangan