Sukses

Doa Sahur Puasa Ramadan Beserta Artinya dan Waktu Membacanya

Doa sahur puasa Ramadan ini bisa kamu gunakan saat melakukan makan sahur setiap harinya.

Liputan6.com, Jakarta - Bulan Ramadan akan datang sebentar lagi. Pada bulan penuh berkah ini, umat Muslim diwajibkan untuk menjalankan ibadah puasa selama 30 hari lamanya.

Selama berpuasa, umat Muslim harus menahan haus dan lapar mulai dari waktu sahur hingga berbuka.

Tidak hanya menahan haus dan lapar, saat puasa umat Islam juga harus menahan segala hawa nafsu. Umat muslim juga disarankan untuk melakukan sejumlah amalan untuk menambah pahala di bulan suci ini.

Salah satu amalan yang bisa kamu lakukan saat menjalankan ibadah puasa terutama saat sedang menjalankan sahur adalah doa sahur puasa Ramadan. Doa sahur puasa Ramadan berbeda dengan niat puasa Ramadan.

Jika niat puasa Ramadan diucapkan sebelum menjalankan puasa, bisa saat malam hari atau setelah tarawih, atau saat sebelum memulai puasa, atau sebelum fajar mulai terbit. Apabila doa sahur puasa Ramadan dibacakan saat sedang melakukan makan sahur.

Beberapa ulama berpendapat bahwa niat puasa Ramadan bisa diucapkan sekali saja saat pertama kali memulai puasa di hari pertama di bulan Ramadan. Namun beberapa ulama lainnya mengatakan niat puasa Ramadan harus diucapkan setiap hari.

Kemudian untuk doa sahur puasar Ramadan dibaca atau dilafalkan setiap hari ketika sedang menjalankan makan sahur.

Untuk lebih jelasnya mengenai doa sahur puasa Ramadan, berikut ini Liputan6.com sudah menghimpun dari berbagai sumber, Rabu (8/5/2019) doa sahur puasa Ramadan yang bisa kamu gunakan sehari-hari.

Dalam berbagai kitab hadits maupun fiqih tidak ada penjelasan secara pasti doa sahur puasa Ramadan. Namun karena sahur itu adalah kegiatan makan dan minum, maka kamu bisa menggunakan doa berikut ini ketika menjalankan sahur.

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Doa Sahur Puasa Ramadan

Doa sahur puasa Ramadan adalah hanya dengan membaca:

بِسْمِ اللَّهِ

Bismillah

Artinya: Dengan menyebut nama Allah

Hal ini sesuai dengan hadits shahih sebagai berikut:

إِذَا أَكَلَ أَحَدُكُمْ فَلْيَذْكُرِ اسْمَ اللَّهِ تَعَالَى فَإِنْ نَسِىَ أَنْ يَذْكُرَ اسْمَ اللَّهِ تَعَالَى فِى أَوَّلِهِ فَلْيَقُلْ بِسْمِ اللَّهِ أَوَّلَهُ وَآخِرَهُ

Artinya: Apabila salah seorang di antara kalian makan, hendaklah ia menyebut nama Allah Ta’ala. Dan jika ia lupa, hendaklah ia membaca ‘Bismilaahi awalahu wa aakhirahu’. (HR. Tirmidzi dan Abu Dawud)

Lafal bismillah tidak hanya digunakan saat akan makan dan minum saja, namun segala jenis kegiatan lebih baik jika diawali dengan mengucapkan lafal bismillah. Hal ini dilakukan sesuai dengan artinya yaitu dengan menyebut nama Allah. Karena segala sesuatu yang kita kerjakan adalah harus karena Allah SWT. Agar diridoi dan juga bermanfaat untuk diri kita sendiri maupun untuk orang lain.

Kemudian doa sahur puasa Ramadan juga bisa dengan menggunakan doa berikut ini.

اَللَّهُمَّ بَارِكْ لَنَا فِيمَا رَزَقْتَنَا وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ

Allohumma baariklanaa fiimaa rozaqtanaa wa qinaa ‘adzaaban naar

Artinya: Ya Allah, berkahilah untuk kami apa yang Engkau karuniakan kepada kami dan peliharalah kami dari adzab neraka (HR. Imam Malik dalam Al Muwatha’)

Doa di atas juga merupakan doa sebelum makan yang secara umum sudah sering digunakan sehari-hari. Karena saur adalah kegiatan makan dan minum, maka doa di atas bisa digunakan. Kedua doa di atas adalah doa yang di lafalkan saat sebelum memulai menjalankan sahur atau sebelum melakukan makan sahur. Berikut ini adalah doa yang bisa kamu baca ketika menyantap hidangan makan sahur.

يَرْحَمُ اللهُ المُتَسَحِّرِيْنَ

Yarhamullaahul mutasahhiriin.

Artinya: Semoga Allah menurunkan rahmat-Nya bagi mereka yang bersahur.

Untuk doa setelah sahur atau setelah makan sahur, kamu bisa menggunakan doa berikut ini.

اَلْحَمْدُ ِللهِ الَّذِيْنَ اَطْعَمَنَا وَسَقَانَا وَجَعَلَنَا مِنَ الْمُسْلِمِيْنَ

“Alhamdu lillahhil-ladzi ath-amanaa wa saqaana waja’alanaa minal muslimiin”

Artinya : Segala puji milik Allah, Dzat yang memberi kami makan dan minum serta menjadikan kami termasuk golongan orang-orang yang berserah diri.

3 dari 3 halaman

Niat Puasa Ramadan

Niat puasa Ramadan menurut sebagian pendapat ulama cukup dibaca satu kali saat pertama kali akan menjalankan ibadah puasa Ramadan dihari pertama puasa. Hal ini dikarenakan untuk mengantisipasi apabila kita lupa membaca niat puasa Ramadan setiap harinya. Namun beberapa pendapat ulama menjelaskan bahwa niat puasa Ramadan harus diucapkan setiap hari selama menjalankan ibadah puasa Ramadan.

Niat puasa Ramadan untuk satu bulan

نَوَيْتُ صَوْمَ شَهْرِ رَمَضَانَ كِلِّهِ لِلَّهِ تَعَالَى

Artinya: Aku niat puasa sepenuhnya pada bulan Ramadan tahun ini karena Allah Ta'ala

Niat puasa Ramadan untuk sehari-hari

نَوَيْتُ صَوْمَ غَدٍ عَنْ أَدَاءِ فَرْضِ الشَّهْرِ رَمَضَانَ هَذِهِ السَّنَةِ لِلَّهِ تَعَالَى

Artinya: Aku niat puasa pada hari esok untuk melaksanakan kewajiban bulan Ramadhan tahun ini karena Allah Ta’ala

Meskipun ada niat puasa Ramadan yang diucapkan sekali saja dalam satu bulan, lebih baik niat puasa Ramadan diucapkan setiap hari sebelum menjalankan ibadah puasa Ramadan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini