Sukses

Doa Saat Ditantang oleh Orang Sombong

Dalam hidup bersosial, tak jarang terjadi bentrokan-bentrokan kecil.

Liputan6.com, Jakarta - Dalam hidup bersosial, tak jarang terjadi bentrokan-bentrokan kecil. Perbedaan pendapat dan perselisihan seringkali berbuntut pertengkaran fisik.

Padahal Rasulullah SAW berpesan agar sesama umat muslim untuk menjaga tali silaturahim dan tidak menyakiti satu yang lainnya. Ini sesuai dengan hadis:

"Demi Dzat yang jiwaku berada ditanganNya. Kalian tidak akan masuk surga sampai kalian beriman, dan tidak bisa sempurna keimanan kalian sampai kalian saling mencintai, maukah kalian aku beritahu sesuatu yang apabila kalian kerjakan kalian saling mencintai? Tebarkanlah salam di antara kalian." (HR Muslim, Tirmidzi, Ibnu Majah, dan Ahmad)

Ada orang-orang yang memang sengaja menantang orang lain untuk berkelahi. Kesombongan meliputi mereka sehingga menantang orang lain.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

doa dijauhkan dari orang sombong

Nah, jika Anda berada di posisi tersebut, tapi Anda tidak ingin menanggapi tantangan, bacalah doa berikut ini.

"wa'ibaadu alrrahmaani alladziina yamsyuuna 'alaa al-ardhi hawnan wa-idzaa khaathabahumu aljaahiluuna qaaluu salaamaan."

Artinya: Dan hamba-hamba Tuhan yang Maha Penyayang itu (ialah) orang-orang yang berjalan di atas bumi dengan rendah hati dan apabila orang-orang jahil menyapa mereka, mereka mengucapkan kata-kata (yang mengandung) keselamatan. (Al Furqaan : 63)

Insyaallah bila diamalkan, Anda akan terbebas dari emosi dan merasa rendah di hadapan Allah SWT.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini