Sukses

Zaskia Adya Mecca Ingin Pahami Arti Al-Qur'an

Jakarta Bulan Ramadan memang menjadi bulan penuh hidayah bagi semua umat muslim. Semua orang berlomba untuk melakukan amalan baik seperti sholat Teraweh dan juga Tadarus Al-Qur'an. Tidak terkecuali bagi Zaskia Adya Mecca yang mengaku sudah sering untuk masalah Khatam Al-Qur'an dan kini ia pun mengungkapkan kegelisahannya soal memahaminya.

 

"Kalau cuma sekedar khatamin Al Qur'an udah. Aku lulus SD udah sampai khatam 8 kali cuma kan khatam setelah aku pahami, aku ngerasa cuma sekedar baca khatam kelar," ucap Zaskia di Masjid Istiqlal, Jakarta Pusat, Senin (4/6).

 

Meskipun sudah sejak kecil khatam Al-Quran dengan jumlah yang tidak sedikit, namun ia merasa masih ada yang mengganjal di hatinya. Belum memahami makna dari kitab suci umat Islam ternyata yang menjadi penyebabnya.

"Kok aneh, kalau dulu bangga banget kan. Akhirnya rasanya aku nggak ada artinya kalau aku nggak paham. Kalau dulu yang aku pahami baca semua ayatnya, selesai, khatam. Tapi sekarang aku memaknainya lebih dalam," jelasnya lagi.

 

"Nggak cuma sekedar baca bahasa arabnya(ayatnya), tapi juga terjemahannya," sambungnya.

 

Dengan berjalannya waktu, ibu 5 anak ini akhirnya memutuskan membaca terjemahan bahasanya juga, bukan hanya (ayatnya) arabnya. Definisi khatam kini juga sudah berubah menurutnya.

 

"Jadi khatam itu menurut aku belum benar-benar khatam kalau kita nggak paham sama artinya di setiap ayat, itu kan yang bahaya. Udah berkali-kali tapi nggak pernah paham. Sekarang lagi mencoba baca bahasa Indonesia nya. Jadi bisa paham," pungkasnya.

 

Sumber: Kapanlagi

Reporter: Tyssa Madelina

Loading