Sukses

Aher Yakin Tol Cipali Bisa Pangkas Kemacetan Jalur Pantura

Terlebih, tol tersebut mampu memangkas jarak tempuh 40 kilometer.

Liputan6.com, Bandung - Gubernur Jawa Barat, Ahmad Heryawan, optimistis Tol Cikopo-Palimanan atau Cipali dapat menjadi solusi kemacetan arus mudik dan balik pada 2015. Jalan bebas hambatan ini dipercaya dapat mengurangi kemacetan di pantura.

Pria yang akrab disapa Aher ini menilai hadirnya tol terpanjang di Indonesia dapat menjadi alternatif para pengendara yang biasa menggunakan Jalur Pantura. Terlebih, tol tersebut mampu memangkas jarak tempuh 40 kilometer (km).

"Sekarang ada Tol Cipali. Jadi lebih lancar. Kalau saja yang masuk Tol Cipali itu 50 persen, yang masuk Jalur Pantura 50 persen, maka akan semakin memperlancar arus mudik," ucap Aher di Bandung.

Sementara itu, sebagai bentuk antisipasi, Polda Jabar akan memberlakukan pelarangan kepada truk untuk tidak melintas Tol Cipalis sejak H-7 hingga H+4 Lebaran.

"Sudah ada aturannya mulai H-7 hingga H+4 itu tidak boleh truk lewat, kecuali truk mengangkut sembako," ucap Kapolda Jabar Irjen Moechgiyarto.

Dia menyambut baik Tol Cipali mulai gunakan pada musim mudik dan balik tahun ini. Sebab, volume kendaraan di jalur Pantura yang terkenal padat akan berkurang.

"Saya yakin ada peningkatan (jumlah kendaraan). Namun tidak akan seperti tahun lalu. Adanya Tol Cipali akan berkurang," ucap Moechgiyarto. (Bob/Nrm)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.