Sukses

Survei Konsepindo: Jokowi-Ma’ruf Berpotensi Raup Suara Undecided Voters

Survei ini juga menyasar pada tingkat kepuasan terhadap masa kepemimpinan Jokowi.

Liputan6.com, Jakarta - Lembaga survei Konsepindo Research and Consulting menyatakan data pemilih yang belum menentukan pilihan atau undecided voters untuk Pemilihan Presiden 2019, sebesar 11,8 persen.

Menurut temuan di lapangan, Direktur Eksekutif Konsepindo Veri Muhlis menyatakan, suara undecided voters ini berpotensi mengarah ke kubu Jokowi-Ma'ruf Amin. Capres petahana itu dinilai memiliki rekam jejak positif selama memimpin pemerintahan. 

"Mereka memiliki penilaian positif kepada Jokowi sebagai presiden petahana sehingga berpotensi untuk mendapatkan limpahan suara dari jenis pemilih ini," kata Veri saat rilis survei nasional Peta Kekuatan Pilpres Mutakhir: Menimbang Suara Undecided Voters di Hotel Milenium, Jakarta Pusat, Rabu 13 Maret 2019. 

Veri menjabarkan, hasil survei nasional ini juga menyasar pada tingkat kepuasan terhadap masa kepemimpinan Jokowi. Hasilnya sebesar 60,5 persen responden menjawab puas dan relatif tidak ada faktor penolakan kepada sang petahana.

"Jadi menurut kami, Jokowi berpotensi dapat mengambil suara kelompok pemilih yang belum memutuskan itu," jelas dia.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Jokowi Unggul 55 Persen

Sebagai informasi, survei nasional Konsepindo dihelat 17-24 Februari 2019. Survei dilakukan dengan 1200 responden, menggunakan metodologi multistage random sampling.

Tingkat margin of error diketahui kurang lebih 2,9 persen, dengan derajat kepercayaan sebesar 95 persen. Hasilnya pasangan Jokowi-Ma'ruf meraup keunggulan dengan hasil suara sebesar 55 persen, berbanding suara Prabowo-Sandiaga hanya meraup 33,2 persen.

 

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.