Sukses

Jelang Kampanye Terbuka, Ma'ruf Amin Ingatkan Pendukung Tetap Santun

Dia menuturkan, jika turun ke basis lawan dan ada penolakan, sebenarnya tak masalah. Namun, tidak menggunakan cara yang kasar.

Liputan6.com, Mandailing - Calon wakil presiden Ma'ruf Amin meminta para pendukungnya untuk tetap santun dalam berkampanye, terlebih saat kampanye terbuka yang akan dimulai 24 Maret 2019 mendatang.

Dia menuturkan, dengan cara tersebut, maka gesekan antara para pendukung paslon lain bisa terhindar. Bahkan juga bisa mencegah provokasi dari pihak-pihak yang menginginkan kekacauan serta konflik.

"Sejak awal kita memang mengajak pendukung 01 untuk bersikap santun dan tidak terprovokasi oleh kampanye-kampanye yang bisa menimbulkan konflik," ucap Ma'ruf Amin di Mandailing Natal, Sumut, Senin (11/3/2019).

Dia menuturkan, jika turun ke basis lawan dan ada penolakan, sebenarnya tak masalah. Namun, tidak menggunakan cara yang kasar.

"Kita harap memang, penolakan itu tidak masalah. Asal caranya santun. Tidak dengan cara yang kasar. Dengan tidak juga merusak gambar-gambar, pasang saja gambar sebanyak mungkin masing-masing. Tapi jangan gambar yang lain dirusakin. Itu tidak sehat," jelas Ma'ruf.

Dia juga mengungkapkan, dalam kampanye terbuka yang akan berakhir 13 April mendatang itu, tidak akan selalu bersama Jokowi. Hanya pada acara tertentu saja.

"Kalau prinsipnya memang tidak bareng. Kecuali event-event tertentu. Nanti akan ditentukan di event mana yang saya harus dengan Pak Jokowi, harus bersama. Jadi tergantung event-nya sepenting apa, sehingga saya dan Pak Jokowi bareng," terang Ma'ruf Amin.

Dia menambahkan, dalam program umum antara Jokowi dan dirinya akan ada pembagian. Tujuannya supaya bisa lebih banyak daerah yang bisa dijangkau oleh pasangan ini.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Jadi Warga Mandailing Natal

Sebelumnya, Ma'ruf Amin diangkat menjadi warga Mandailing Natal, Sumatera Utara. Pengangkatan itu dilakukan oleh Bupati Mandailing Natal Dahlan Hasan Nasution. Pengangkatan itu dilakukan saat Ma'ruf Amin mengakhiri safari di Sumatera Utara dengan menghadiri tabligh akbar di Mandailing Nata.

"Tadi ayahanda (Ma'ruf) diulosi. Ulos ini adalah lambang tokoh tokoh masyarakat. Dengan ulos ini makin lengkaplah ayahanda sebagai orang Mandailing Natal," kata Dahlan di Lapangan Pasir Putih Mandailing Natal, Sumut, Senin (11/3/2019).

Ma'ruf Amin pun mengaku tersanjung dengan pengangkatan tersebut. Apalagi hari ini tepat di hari lahirnya ke-76 tahun. Dia berterimakasih karena telah resmi menjadi warga kehormatan Mandailing Natal.

"Terima kasih Pak Bupati. Saya berterimakasih juga diangkat sebagai warga Mandailing Natal," ucap Ma'ruf disambut tepuk tangan ribuan warga yang hadir.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.