Sukses

Dapat Dukungan Mudzakarah Alim Ulama, Ma'ruf: Mudah-mudahan Jadi Rujukan

Ma'ruf Amin berjanji merangkul semua kalangan bila terpilih nanti.

Liputan6.com, Jakarta - Sejumlah ulama menyatakan dukungan terhadap pasangan calon presiden Jokowi dan Ma'ruf Amin. Keputusan itu diambil berdasarkan hasil Mudzakarah Alim Ulama. Ittifaq (kesepakatan) ulama itu menyatakan Jokowi-Ma'ruf sebagai pasangan capres yang memenuhi kriteria.

Cawapres Ma'ruf Amin berharap kesepakatan para ulama itu memantapkan suara umat Islam. Terutama bagi mereka yang belum menentukan pilihan pada Pilpres 2019.

"Mudah-mudahan dengan adanya keputusan mudzakarah hari ini akan menjadikan suatu panduan karena didasarkan kriteria-kriteria yang jelas," ujar Ma'ruf dalam sambutannya saat penutupan mudzakarah di Hotel Mercure Ancol, Jakarta Utara, Minggu (4/11/2018).

Ia mengatakan, kriteria yang diberikan merupakan sesuai dengan Ijtima Majelis Ulama Indonesia. Yaitu pemimpin yang beriman, jujur, terpercaya, transparan, berkompetensi, arif, santun, dan memiliki komitmen kebangsaan dan keumatan.

"Ini satu hal penting dan mudah-mudahan menjadi rujukan bagi masyarakat," kata Ketua MUI nonaktif itu.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Rangkul Semua Pihak

Selain itu, Ma'ruf pun menegaskan bakal merangkul semua pihak tanpa melihat agamanya. Dia mengaku banyak dituding sebaliknya.

"Banyak orang mengatakan Ma'ruf Amin enggak ngajak-ngajak. Saya ngajak banyak orang, jangankan Muslim, non-Muslim saja saya ajak. Kecuali yang tidak mau," ucapnya.

Reporter: Ahda Bayhaqi 

Saksikan video pilihan di bawah ini

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.