Sukses

Koalisi Jokowi-Ma'ruf Skenariokan Kepala Daerah Masuk Tim Pengarah Teritori

Liputan6.com, Jakarta - Tim Kampanye Nasional (TKN) Koalisi Indonesia Kerja akan melibatkan kepala daerah dan calon anggota legislatif dalam tim kampanye nasional Jokowi-Ma'ruf Amin.

"Sepanjang tidak dilarang aturan maka salah satu ujung tombak juru kampanye kita adalah kepala daerah termasuk kepala desa dan para caleg semua partai kita perkirakan sekitar 17-an ribu," kata Karding di Media Center TKN Jokowi-Ma'ruf di Jalan Cemara, Menteng, Jakarta, Senin (20/8/2018).

Jika terkendala aturan, kata Karding, para kepala daerah akan menjadi pengarah teritori dalam TKN Jokowi-Ma'ruf. Pihaknya akan mengatur agar pelibatan kepala daerah di TKN Jokowi-Ma'ruf tidak melanggar aturan dan menimbulkan konflik kepentingan.

"Tentu tentu. Saya kira enggak ada masalah kan sepanjang enggak dilarang dan kami atur mekanismenya ada, tidak conflict of interest," ujarnya.

Karding menjelaskan, kepala daerah yang dilibatkan tidak hanya dari daerah-daerah yang menjadi titik kekalahan Jokowi di Pemilu 2014 lalu.

"Kalau kampanye kan semua potensi harus digunakan. Soal pak Jokowi kalah tergantung. Kalau mereka mau bergabung ya kita ambil, jika tidak tentu kami ambil langkah-langkah lain. Jadi enggak spesifik gitu," ungkap dia.

2 dari 2 halaman

Semua Daerah Penting

Tim kampanye Jokowi-Ma'ruf menganggap semua daerah penting. Seluruh elemen TKN Jokowi-Ma'ruf akan ditugaskan menyosialisasikan capaian program dan kerja Jokowi per wilayah dengan data yang akurat.

"Semua sebenarnya penting. Tahun lalu data dari Sumbar, Sumatera sebagian, Aceh, beberapa daerah lain itu memang kalah. Tapi kan banyak perubahan sekarang termasuk di Jabar," terang Karding.

"Karena hasil pembangunan Pak Jokowi relatif dirasakan masyarakat. Kita lihat di Jawa Barat misalnya sekarang elektabilitas Pak Jokowi menanjak signifikan melebihi Pak Prabowo jauh," sambungnya.

Reporter: Renald Ghifari 

* Update Terkini Asian Games 2018 Mulai dari Jadwal Pertandingan, Perolehan Medali hingga Informasi Terbaru dari Arena Pesta Olahraga Terbesar Asia di Sini.

Saksikan video pilihan di bawah ini